Cegah Corona, Banser Parongpong Semprot Disinfektan di Sejumlah Titik

Cegah Corona, Banser Parongpong Semprot Disinfektan di Sejumlah Titik

Cegah Corona, Banser Parongpong Semprot Disinfektan di Sejumlah Titik
Pelaksana pencegahan covid-19 oleh Banser Kecamatan Parongpong, Jumat (17/4/2020). (Foto: Istimewa).

Santripedia, Parongpong - Satuan Koordinasi Rayon Barisan Ansor Serbaguna (Satkoryon Banser) Kecamatan Parongpong pada Jum'at (17/4/2020) melakukan kegiatan penyemprotan disinfektan dan sosialisasi pencegahan wabah Covid-19 di wilayah kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat.

Kegiatan yang merupakan bagian dari rangkaian pecengahan Covid-19 di wilayah Parongpong ini sudah dilaksanakan sejak Kamis (16/4/2020), dan rencanya akan berakhir Sabtu (18/4/2020).

Pelaksana Tugas Pencegahan Covid-19 Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Bandung Barat, Ana Suryana yang memimpin langsung kegiatan penyemprotan mengatakan bahwa fokus utama penyemprotan disinfektan dilakukan di beberapa fasilitas umum dan tempat-tempat yang dianggap rawan terjadinya penyebaran.

"Beberapa titik yang dilaksanakan di wilayah Desa Sariwangi, Desa Cihanjuang, dan Desa Cihanjuang Rahayu. Fokus penyemprotan disinfektan hanya tempat-tempat umum. Diantaranya yang kami prioritaskan seperti pondok pesantren, masjid jami, kantor desa dan balai RW," ungkapnya sebagaimana yang diterima Santripedia melalui rilis, Jumat (17/4/2020).

Ana menambahkan, masyatakat yang meminta untuk dilakukan penyemprotan disinfektan juga akan dilayani sesuai dengan ketersediaan yang ada.

"Untuk masayrakat sesuai permintaan  penyemprotan disifektan," tambahnya.

Ketua GP Ansor Parongpong, Gari Abdul Jabar berharap kegiatan penyemprotan disinfektan dan sosialisasi pencegahan wabah covid-19 dapat memberikan ketenangan dan rasa aman pada masyarakat.

"Hanya ini yang bisa kami lakukan untuk warga masyarakat. Kami hanya bisa ikhtiar serta mengajak masyarakat untuk tenang agar tetap menjaga imun tubuh. Tentunya dibarengi doa kepada Allah SWT agar wabah ini segera berakhir," harapnya.

Sementara itu, Habibulloh, Komandan Banser Kabupaten Bandung Barat yang juga bertindak sebagai kepala Gugus Tugas pencegahan Covid-19 mengungkapkan bahwa saat ini beberapa pelaksana tugas pencegahan covid-19 di kecamatan lainnya juga sedang melakukan kegiatan penyemprotan disinfektan.

"Hari ini penyemprotan diaksanakan di dua kecamatan, yaitu Batujajar dan Parongpong. Ada tambahan bantuan alat semprot dari PCNU Kabupaten Bandung Barat dan JABAR Energi. Pelaksana tugas di kecamatan lainnya menunggu jadwal penyemprotan," ujarnya.

Habib menjelaskan kegiatan penyemprotan dan sosialisasi pencegahan wabah covid-19 bertujuan untuk membuat masyarakat tenang dalam menghadapi virus Covid-19.

“Kami sangat berharap masyarakat merasa aman dan tenang dengan diadakannya penyemprotan ini.

Banser menghimbau kepada masyarakat agar selalu menjaga pola hidup bersih serta menjaga kesehatan dengan cara mencuci tangan dengan sabun atau menggunakan handsanitizer sehingga bisa mencegah mata rantai penyebaran virus ini,” paparnya.

Secara umum, Ansor dan Banser mensosialisasikan himbauan pemerintah agar masyarakat jangan dulu keluar rumah. Apabila diharuskan keluar rumah karena kepentingan mendesak maka wajib menggunakan masker dan tetap menjaga phisical distancing dengan menjaga jarak aman 1 meter.

___
Reporter: Ki Maung Ramly
Editor: Ang Rifkiyal

Bagikan:

Artikel Lainnya: