Ensiklopedia Santri

Surat Edaran Mentri Agama tentang Aturan Pengeras Suara (PDF)

surat edaran mentri agama pengeras suara
surat edaran mentri agama pengeras suara

Pemerintah melalui kementrian agama menerbitkan Surat Edaran Nomor SE 05 tahun 2022 tentang Pedoman Penggunaan Pengeras Suara di Mesjid dan Musala.

Aturan ini merupakan bentuk ikhtiar pemerintah untuk mengoptimalkan fungsi dan manfaat pengeras suara di lingkungan masjid dan musala serta menghindarkan mafsadat yang bisa ditimbulkan.

Namun, banyak masyarakat yang belum memahami isi aturan dari Surat Edaran Mentri ini. Akhirnya sebagian masyarakat tergiring pada opini liar yang menyangka seolah-olah aturan ini adalah aturan yang melarang adzan menggunakan pengeras suara.

Sehingga pengetahuan dan pemahaman tentang edaran mentri terkait pedoman penggunaan pengeras suara di masjid ini perlu dibaca secara utuh. Karena setelah dibaca, isinya cukup bagus untuk mengoptimalkan pengeras suara sebagai sarana syiar umat islam di lingkungan masjid dan musala.

 

Download Surat Edaran Mentri Agama nomor SE 05 tahun 2022

Bagi yang ingin mendownload surat edaran mentri agama tentang pedoman penggunaan pengeras suara di masjid dan musala, linknya bisa dibuka di sini: Surat Edaran Mentri Agama nomor SE 05 tahun 2022 Tentang Pedoman Penggunaan Pengeras Suara di Masjid dan Musala

Semoga setelah membaca aturan ini, kesadaran kita dalam menjalani syiar-syiar dan dakwah islam secara tertib semakin meningkat. Demi kejayaan islam yang kuat. Amiin.