5 Fakta Seputar Kursus Banser di Bandung Barat

5 Fakta Seputar Kursus Banser di Bandung Barat

Gerakan Pemuda Ansor dan Banser Kabupaten Bandung Barat mengadakan kegiatan Kursus Banser Lanjutan (Susbalan) angkatan pertama selama empat hari dari tanggal 29 Agustus - 1 September 2019 di Pondok Pesantren Manbaul Falah, Cipatik, Cihampelas.

Kegiatan Susbalan merupakan jenjang karir kaderisasi kedua bagi anggota Banser yang telah lulus Diklatsar. Tujuan utama diklatsar adalah untuk mematangkan keterampilan, kedisiplinan dan khidmah kader Banser terhadap agama dan negara.

Ada beberapa hal unik seputar Susbalan yang dilaksanakan oleh Pemuda Ansor Bandung Barat di Ponpes Manbaul Falah, Cihampelas. Berikut ini lima fakta Susbalan Angkatan Pertama Banser Bandung Barat:

1. Diikuti Ratusan Peserta



Ada ratusan peserta yang mengikuti kegiatan Susbalan Banser Bandung Barat angkatan pertama. Para peserta berasal dari berbagai wilayah se-Indonesia. Namun kebanyakan berasal dari Jawa Barat.

2. Peserta Terjauh berasal dari Medan



Susbalan terbuka untuk semua kader Banser se-Indonesia yang direkomendasikan. Dari banyak peserta yang ikut, peserta terjauh berasal dari Medan Tanah Karo, bernama H. Andi Suwandani.

3. Tuan Rumah Pelaksanaa Susbalan diasuh Cicit Syaikhona Kholil Bangkalan


Tuan rumah pelaksanaan Susbalan bertempat di Pondok Pesantren Manbaul Falah, Desa Cipatik, Kecamatan Cihampelas. Pesantren ini merupakan pesantren asuhan KH Ahmad Ali Sururi atau akrab disapa Gus Ali.

Gus Ali merupakan cicit dari Syaikhona Kholil Bangkalan yang merupakan guru dari KH Hasyim Asyari pendiri Nahdlatul Ulama.

4. Meramaikan Muharaman Tahun Baru Islam



Di antara agenda Susbalan, digelar kegiatan peringatan tahun baru islam dengan diisi doa dan pawai parade muharaman. Kegiatan parade menampilkan marching band dan pawai obor dengan melantunkan shalawat dan yel-yel semangat keislaman dan kebangsaan.

5. Seorang Habib Menjadi Peserta


Di antara peserta yang mengikuti Kursus Banser Bandung Barat ada seorang Habib atau keturunan Rasulullah. Beliau bernama Habib Sayyid Ali Syahab yang berasal dari Kota Cimahi.

Demikian 5 fakta seputar Kursus Banser Lanjutan yang digelar di Bandung Barat oleh pemuda Ansor dan Banser Bandung Barat. Yaa jabbaar, yaa Qohhaar..

Artikel Lainnya

Back To Top