Doa dan Amalan Singkat Sebelum Tidur

Doa dan Amalan Sebelum Tidur yang Singkat

Tidur merupakan istirahat alami yang menjadi rutinitas manusia sehari-hari. Kebanyakan manusia menghabiskan sepertiga hidupnya untuk tidur.

Saat tidur, kita akan mengalami kondisi hilang kesadaran. Banyak hal yang mungkin terjadi tanpa kita sadari saat kita sedang lelap. Oleh karena itu, faktor keamanan dan kenyamanan saat hendak tidur harus diperhatikan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Rasulullah SAW memberikan teladan kepada kita agar membaca doa sebelum tidur. Ada beberapa doa yang bisa kita amalkan saat hendak tidur berdasarkan hadits-hadits yang ada. Di antara yang populer diamalkan oleh umat islam di nusantara adalah sebagaimana berikut:

  بِاسْمِكَ اللَّهُمَّ أَحْيَا وَأَمُوتُ
Bismika Allaahumma ahyaa wa amuutu. 

Artinya: "Dengan menyebut nama-Mu ya Allah, aku hidup dan mati." (HR. Bukhari)

Kemudian bisa mengamalkan amalan yang mudah dan sederhana, yakni membaca bismillah sebanyak 21 kali.

 بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم 
Bismillahirrahmanirrahiim (21 kali)

Sebab membaca bismillah memiliki banyak keistimewaan. Di antara keistimewaannya adalah apabila dibaca sebelum tidur sebayak 21 kali, maka orang yang membacanya akan aman di malam tersebut dari gangguan setan, rumahnya akan aman dari maling, ia akan aman dari meninggal secara tiba-tiba, dan aman dari petaka lainnya.

Faidah tersebut disampaikan oleh Syaikh Ahmad As-Showi sebagaimana dikutip dalam kitab Kasyifatussaja Syarh Safinatunnaja karangan Syaikh Nawawi al-Bantani.

(Ang Rifkiyal)

Artikel Lainnya

Back To Top