Doa Rasulullah Saat Melihat yang Disuka dan Yang Dibenci

Dzikir Ala Rasulullah Saat Melihat yang Disuka dan Yang Dibenci

Rasulullah adalah teladan bagi umat manusia, khususnya bagi kita kaum muslimin yang senantiasa berusaha mengikuti sunnahnya.

Di antara hal yang bisa kita teladani dari Rasulullah adalah dzikir atau ucapan Rasulullah saat beliau melihat apa yang ia senangi dan apa yang ia benci.

Pertama, saat melihat apa yang disenangi:

الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي بِنِعْمَتِهِ تَتِمُّ الصَّالِحَاتُ
Alhamdulillah alladzi bini'matihi tatimmus sholihaat

Artinya: "Segala puji bagi Allah yang dengan kenikmatannya kebaikan-kebaikan bisa sempurna"

Kedua, saat melihat apa yang tidak disenangi (dibenci):

الْحَمْدُ لِلَّهِ عَلَى كُلِّ حَالٍ رَبِّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ حَال أَهْلِ النَّار
Alhamdulillah 'ala kulli haal, robbi innii a'udzubika min haali ahlinnar

Artinya: "Segala puji bagi Allah atas setiap hal. Yaa rabb, aku berlindung kepadamu dari tingkah laku ahli neraka."

Dzikir tersebut berdasarkan hadits yang diriwayatkan Ibnu Majah, bahwa ada dizikir yang diucapkan Rasulullah saat Beliau melihat sesuatu yang disukai atau melihat sesuatu yang dibenci.

عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ : كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا رَأَى مَا يُحِبُّ قَالَ : الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي بِنِعْمَتِهِ تَتِمُّ الصَّالِحَاتُ ، وَإِذَا رَأَى مَا يَكْرَهُ قَالَ : الْحَمْدُ لِلَّهِ عَلَى كُلِّ حَالٍ رَبِّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ حَال أَهْلِ النَّار

Dari Aisyah, ia berkata: "Rasulullah SAW ketika melihat sesuatu yang ia senangi maka ia berkata, 'Segala puji bagi Allah yang dengan kenikmatannya kebaikan-kebaikan bisa sempurna'. Dan ketika ia melihat sesuatu yang ia benci maka ia berkata, 'Segala puji bagi Allah atas setiap hal. Yaa rabb, aku berlindung kepadamu dari tingkah laku ahli neraka.'" (HR. Ibnu Majah)

Hadits ini sering muncul dalam pembahasan ucapan hamdalah, yakni pujian kepada Allah. Dari hadits ini kita bisa mengambil pelajaran bahwa saat senang maupun benci melihat sesuatu yang kita lihat, alangkah baiknya kita tetap memuji Allah dan tidak mengumpat atau mengeluarkan kata-kata buruk.

Demikianlah ucapan Dzikir Ala Rasulullah Saat Melihat yang Disuka dan Yang Dibenci. Semoga kita bisa ikut mengamalkannya.

Artikel Lainnya

Back To Top