Doa Keselamatan Bangsa dan Negeri yang Diambil dari Al-Qur'an

Doa Keselamatan Bangsa dan Negeri yang Diambil dari Al-Qur'an

Doa Singkat untuk Keselamatan Bangsa dan Negeri

Setiap negeri memiliki persoalan bangsanya masing-masing. Negeri yang aman, tentram dan damai merupakan harapan setiap orang yang beriman.

Oleh karena itu, berbagai ikhtiar dan upaya untuk menciptakan kedamaian dan perdamaian tidak hanya tanggung jawab pemimpin atau segelintir orang saja. Melainkan tanggung jawab bersama segenap komponen bangsa.

Negeri yang aman akan memberikan kenyamanan dalam melaksanakan ibadah. Sehingga keamanan menjadi penting dalam menjalankan kehidupan beragama.

Diantara ikhtiar untuk kemanan dan keselamatan bangsa adalah dengan berdoa kepada Allah SWT. Sebab Ia Dzat pemilik segala sesuatu yang terjadi di alam semesta ini.

Diantara doa untuk keselamatan bangsa adalah sebagai berikut:

رَبِّ اجْعَلْ هَـذَا الْبَلَدَ آمِناً وَاجْنُبْنِي وَبَنِيَّ أَن نَّعْبُدَ الأَصْنَامَ
Bacaan Latinnya:
Robbij 'al hadzal balada aamina wajnubni wa baniyya an na'budal ashnaam

Artinya:
"Ya Tuhanku, semoga Engkau menjadikan negeri ini, negeri yang aman, dan semoga Engkau pun berkenan menjauhkanku beserta anak cucuku daripada menyembah berhala-berhala." (QS. Ibrahim: 35)

Doa di atas diambil dari al-Qur'an surat Ibrahim ayat 35. Dimana dalam ayat tersebut dikutip doa Nabi Ibrahim yang mendoakan kota Mekah agar menjadi kota yang aman. Selain itu, Nabi Ibrahim juga mendoakan agar dirinya dan keturunannya dijauhkan dari perilaku musyrik seperti menyembah berhala.

Setiap orang yang berdoa dianjurkan agar mendoakan dirinya sendiri, lalu buat kedua orang tuanya dan anak cucunya. Kemudian Nabi Ibrahim menyebutkan bahwa banyak kalangan manusia yang terfitnah oleh penyembahan kepada berhala-berhala, dan bahwa dia berlepas diri dari orang-orang yang menyembahnya, lalu ia mengembalikan urusan mereka kepada Allah Swt. Jika Allah menghendaki untuk mengazab mereka, tentulah Dia mengazab mereka; dan jika Dia menghendaki memberikan ampunan kepada mereka, tentulah Dia mengampuni mereka.

Demikianlah doa untuk keselamatan bangsa dan negeri. Semoga kita semua menjad orang-orang yang mau mencari tahu dan memahami, serta mengamalkan segala apa yang telah kita ketahui dan kita fahami.

Tag: Doa, Kumpulan Doa, Doa dari Al-Qur'an, Doa Selamat, Doa Untuk Negeri, Doa Untuk Bangsa dan Negeri, Doa Harian, Doa Sehari-Hari.

Bagikan:

Artikel Lainnya: