Seorang Habib Ikut Kursus Banser di Bandung Barat

Seorang Habib Ikut Kursus Banser di Bandung Barat

Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor dan Satkoryon Banser Kabupaten Bandung Barat pada tanggal 29 Agustus sampai 1 September 2019 mengadakan kegiatan Kursus Banser Lanjutan (Susbalan) di Pondok Pesantren Manbaul Falah Cihampelas, Bandung Barat.

Kegiatan tersebut, diikuti ratusan peserta dari berbagai daerah dan dengan berbagai macam latar belakang.

Bahkan salah satu peserta yang mengikuti kegiatan diantaranya merupakan Habib atau keturunan Nabi Muhammad SAW. Peserta tersebut bernama Habib Sayyid Ali Syahab berasal dari kota Cimahi.

"Habib Ali itu dulu ikut Diklatsar di Cimahi, sekarang ikut jenjang Susbalan di Bandung Barat," terang salah satu peserta.

Habib Ali merupakan cucu Rasul yang tidak malu atau minder ketika menjadi peserta Susbalan. Beliau menyelesaikan kegiatan dari awal sampai akhir.

"Selama kegiatan, Habib Ali termasuk aktif, ia menjadi komandan regu," terang Gari melalui rilis yang disampaikan kepada santripedia.

Habib adalah panggilan bagi keturunan Nabi Muhammad SAW yang sampai saat ini hingga akhir zaman akan tetap ada.

Di Indonesia, tidak sedikit kalangan Habaib yang ikut pendidikan dan pelatihan kaderisasi Pemuda Ansor dan Banser. Bahkan para pendahulu pengurus GP Ansor banyak yang berasal dari keturunan Rasulullah SAW.

Sebut saja Maulana Habib Muhammad Lutfi bin Yahya yang sejak usia 19 tahun, beliau sudah menjadi Komandan Banser di wilayahnya. Baru-baru ini viral pula Habib Husein bin Yahya, yang telah diangkat mejadi Kepala Satuan Kordinasi Cabang Banser Kabupaten Tegal.

Karenanya, antara GP Ansor, Banser dan Habaib itu tidak bisa dipisahkan. Bahkan pemberi Isyaroh berdirinya Nahdlatul Ulama salah satunya adalah seorang Habib dari Pekalongan, yaitu Habib Hasyim bin Yahya (kakek dari Habib Muhammad Lutfi bin Yahya).

(Gari/Cep Nedi/Ang)

Artikel Lainnya

Back To Top