Cara Menulis Huruf Arab di Android ala Santri Pesantren

Cara Menulis Huruf Arab di Android ala Santri Pesantren

Banyak santri di beberapa pesantren biasa menulis berbagai tulisan dengan menggunakan huruf Arab meskipun tulisan yang dibuat bukan bahasa arab. Seperti misalnya menulis "tahu bulat" ditulis dengan huruf Arab menjadi "تاهو بولت".

Tahu bulat bukan bahasa Arab karena tahu bulat yang dimaksud adalah bahasa Indonesia, tapi di sini ditulis dengan menggunakan huruf Arab.

Biasanya, santri menulis seperti ini saat sedang ngalogat atau memaknai kitab kuning.  Bahkan beberapa santri sengaja membuat berbagai karya ilmiah atau penjelasan suatu kajian dengan konsisten menggunakan huruf Arab. Hal ini juga menjadi tradisi para ulama Nusantara yang membuat berbagai kitab dengan menggunakan huruf Arab meskipun bahasa yang digunakan adalah bahasa daerah.

Seperti contohnya kitab Tafsir Al-Ibriz karangan KH Bisri Mustofa yang merupakan tafsir al-Quran berbahasa Jawa namun ditulis dengan aksara Arab.

Di Jawa Barat banyak pula beredar kitab-kitab terjemah terbitan pesantren dengan menggunakan bahasa sunda tapi ditulis dengan aksara Arab. Contohnya kitab-kitab terbitan Pesantren Assalafiyah Tipar Sukabumi dan kitab-kitab terbitan Pesantren Caringin Sukabumi.

Bagi santri yang ingin menulis tulisan dengan menggunakan aksara Arab di Android bisa menggunakan tutorial sebagaimana yang kami sajikan berikut:

1. Install Gboard dari playstore

Gboard merupakan aplikasi keyboard yang resmi dibuat oleh Google. Pada dasarnya, kebanyakan aplikasi keyboard bawaan Android sudah support untuk menulis huruf Arab. Namun di sini kami rekomendasikan aplikasi Gboard karena aplikasi ini cukup simple dan stabil, apalagi Gboard merupakan aplikasi yang diluncurkan resmi dari Google.

2. Jadikan Gboard sebagai aplikasi keyboard bawaan dalam menulis

Setelah install Gboard dari playstore, kemudian atur Gboard agar menjadi aplikasi bawaan saat menulis, caranya:
- Buka Pengaturan > Bahasa & Masukan > Metode Masukan Default > Pilih Gboard sebagai aplikasi bawaan

3. Selanjutnya, setting pada aplikasi Gboard agar bisa menulis aksara Araba, Caranya:

Masuk ke pengaturan Gboard dengan menekan tombol koma-emoticon secara lama, maka akan muncul ikon pengaturan, arahkan ke sana.

Tutorial Gboard

Pilih bahasa > tambahkan keyboard > pilih keyboard bahasa arab yang kita suka kita bisa  pilih bahasa Sunda (arab), atau bisa bahasa arab (arab saudi). Dan banyak lagi pilihan bahasa yang tersedia.

4. Selesai. Kita bisa menggunakan keyboard bahasa Arab. Cara mengoprasikan untuk ganti-ganti bahasa keyboard, yakni dengan cara klik tombol bola dunia.

Artikel Lainnya

Back To Top