[Download] Kitab Nihayatu az-Zain fi Irsyadil Mubtadi'in

[Download] Kitab Nihayatu az-Zain fi Irsyadil Mubtadi'in

Kitab Nihayatu Az-Zain (bahasa arab: نِهَايَة الزَّين) adalah kitab fikih bermazhab Syafi’i yang dikarang oleh ulama besar asal Indonesia, Syaikh Muhammad Nawawi bin Umar al-Jawi al-Bantani.

Kitab ini cukup dikenal oleh kaum muslimin di Indonesia khususnya di kalangan pesantren.

Nama lengkap kitab ini sebagaimana disebut pengarang dalam muqoddimah adalah “Nihayatu Az-Zain Fi Irsyadi Al-Mubtadi-in” (نِهَايَةُ الزَّيْن فٍي إِرشَادِ المُبْتَدٍئِين). Lafaz nihayah bermakna puncak/ujung sesuatu, Zain bermakna hiasan, Irsyad bermakna membimbing, dan mubtadi-in bermakna para pemula. Jadi, dengan judul ini seakan-akan pengarang berharap kitabnya bisa membimbing para pemula dalam bentuknya yang paling indah.

Kitab ini adalah syarah dari kitab Qurrotu Al-‘Ain karya Syaikh Zainuddin Al-Malibari. Dilihat dari posisinya sebagai syarah “Qurrotu Al-‘Ain” berarti kitab ini sama seperti kitab “Fathu Al-Mu’in”, hanya saja “Nihayatu Az-Zain” sedikit lebih tebal sehingga bisa digolongkan syarah “mutawassith” (pertengahan).

Kitab Nihayatu Az-Zain ditulis Syaikh Muhammad Nawawi bin Umar al-Bantani dengan lafaz yang singkat, bahasa yang cukup renyah dan padat isi. Daftar isinya mengikuti susunan dalam kitab “Qurrotu Al-‘Ain”, yaitu diawali bab shalat dan diakhiri bab pembebasan budak.


Judul kitab : Nihayatuz Zain Fi Irsyadil Mubtadi'in
Penulis : Syekh Muhammad Nawawi bin Umar Al-Jawi
Muhaqqiq : Abdulloh Mahmud Muhammad Umar
Penerbit : Darul Kutub Al-Ilmiyah, Beirut - Lebanon
Cetakan : Pertama
Tahun terbit : 2002
Link download (PDF) : Klik disini

Artikel Lainnya

Back To Top