Lirik Mars GP Ansor | Gerakan Pemuda Ansor

Lirik Mars GP Ansor | Gerakan Pemuda Ansor

Lirik Mars GP Ansor | Gerakan Pemuda Ansor

MARS GP ANSOR
Lagu : Iskandar
Syair : H. Mahbub Djunaidi

Darah dan nyawa telah kuberikan
Syuhada rebah Allahu Akbar
Kini bebas rantai ikatan
Negara jaya Islam yang benar

Berkibar tinggi panji gerakan
Iman di dada patriot perkasa
Ansor maju satu barisan
Seribu rintangan patah semua

Tegakkan yang adil hancurkan yang dzalim
Makmur semua lenyap yang nista
Allahu Akbar - Allahu Akbar
Pagar baja gerakan kita

Bangkitlah bangkit putra pertiwi
Tiada gentar dada ke muka
Bela agama bangsa negeri

(*end)

Sekilas Tentang GP Ansor

Organisasi ini pada awalnya bernama Gerakan Pemuda Ansor disingkat GP Ansor sebagai kelanjutan dari Ansoru Nahdlatil Oelama (ANO). Dalam AD/ ART NU, nama organisasi ini diubah menjadi Gerakan Pemuda Ansor Nahdlatul Ulama yang selanjutnya disebut GP Ansor.

Organisasi ini berdiri pada 10 Muharram 1353 Hijriyah atau bertepatan dengan 24 April 1934 di Banyuwangi, Jawa Timur.

Sebagai organisasi keislaman, Gerakan Pemuda Ansor berhaluan pada aqidah Islam Ahlusunnah wal Jama’ah yang dalam bidang aqidah mengikuti madzhab Imam Abu Hasan Al-Asy’ari dan Imam Abu Mansur al-Maturidi; dalam bidang fiqih mengikuti salah satu dari Madzhab Empat (Hanafi, Maliki, Syafi’i dan Hambali); dan dalam bidang tasawuf mengikuti madzhab Imam al-Junaid al-Bagdadi dan Abu Hamid al-Ghazali.

Sebagai oraganisasi Islam, Gerakan Pemuda Ansor tidak bertentangan dengan kedaulatan bangsa, yakni Negara Kesatuan Republik Indonesia. Sebab beberapa kali kita menemukan ada organisasi yang mengatasnamakan islam namun bertolak belakang dengan kedaulatan bangsa, bahkan berupaya untuk mendirikan negara sendiri.

Lebih jauh, GP Ansor mendukung terwujudnya Pancasila. Hal ini sebagaimana asas organisasi ini yang temaktub dalam Peraturan Dasar dan Peraturan Rumah Tangganya.

Dimana GP Ansor berasaskan pada Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan yang beradil dan beradab, Persatuan Indonesia, Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmah kebijaksanaan dalam permusyawaratan/ perwakilan dan Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Secara umum, tujuan organisasi Gerakan Pemuda Ansor adalah sebagai berikut:
  • Membentuk dan mengembangkan generasi muda Indonesia sebagai kader bangsa yang cerdas dan tangguh, memiliki keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT, berkepribadian luhur, berakhlak mulia, sehat, terampil, patriotik, ikhlas dan beramal shalih. 
  • Menegakkan ajaran Islam Ahlussunnah wal Ja- ma’ah di dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia. 
  • Berperan secara aktif dan kritis dalam pembangunan nasional demi terwujudnya cita-cita kemerdekaan Indonesia yang berkeadilan, berkemakmuran, berkemanusiaan dan bermartabat bagi seluruh rakyat Indonesia yang diridhoi Allah SWT.
Adapunnya sifatnya, organisasi Gerakan Pemuda Ansor bersifat kepemudaan, kemasyarakatan, kebangsaan dan keagamaan yang berwatak kerakyatan.

Berikut ini adalah tingkatan kepengurusan organisasi Gerakan Pemuda Ansor:
  1. Pimpinan Pusat adalah pengurus Gerakan Pemuda Ansor tingkat nasional berkedudukan di Ibukota Negara Republik Indonesia. 
  2. Pimpinan Wilayah adalah pengurus Gerakan Pemuda Ansor tingkat Provinsi berkedudukan di Ibukota Provinsi. 
  3. Pimpinan Cabang adalah pengurus Gerakan Pemuda Ansor tingkat kabupaten/kota yang berkedudukan di Ibukota Kabupaten/ Kota atau gabungan kabupaten/kota atau daerah khusus yang memenuhi pertimbangan historis, geografis dan/ atau pengembangan organisasi yang berkedudukan di tempat yang ditentukan. 
  4. Pimpinan Anak Cabang adalah pengurus Gerakan Pemuda Ansor tingkat Kecamatan. 
  5. Pimpinan Ranting adalah pengurus Gerakan Pemuda Ansor tingkat Desa/Kelurahan.
Untuk mengunduh file peraturan dasar, peraturan rumah tangga dan peraturan organisasi gerakan Pemuda Ansor dalam format pdf, silahkan silahkan sobat buka link downloadnya disini PD PRT PO GP Ansor.

Demikianlah ulasan singkat tentang organisasi Gerakan Pemuda Ansor yang merupakan organisasi sayap Nahdlatul Ulama di bidang kepemudaan.

Semoga arikel ini menambah wawasan dan memberi kemafaatan. Jangan lupa bagikan untuk menyebarkan kebaikan. Wassalam.

Bagikan:

Artikel Lainnya: