Shalat Witir, Doa dan Cara Pelaksanaannya

Shalat Witir, Doa dan Cara Pelaksanaannya

Shalat Witir, Doa dan Cara Pelaksanaannya

Shalat witir adalah shalat sunnah yang jumlah rakaatnya ganjil, yakni bisa dilaksanakan dengan satu rakaat, tiga rakaat, lima rakaat, tujuh rakaat, sembilan rakaat, atau sebelas rakaat.

Oleh karena itu jumlah rakaat shalat witir sekurang-kurangnya adalah satu rakaat dan sebanyak-banyaknya adalah sebelas rakaat.

Waktu mengerjakan shalat witir yakni setelah mengerjakan salat isya sampai terbit fajar. Shalat witir dapat dikerjakan setiap malam tidak harus pada malam bulan Ramadan saja.

Cara mengerjakan shalat witir pada dasarnya sama seperti melaksanakan shalat pada umumnya. Adapun niatnya boleh sebagai berikut:

اُصَلِّى سُنَّةَ مِنَ الوِتْرِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً لِلهِ تَعَالَى 

Ushalli sunnatan minal Witri rak‘ataini mustaqbilal qiblati adā’an lillāhi ta‘ālā

Artinya, “Aku menyengaja sembahyang sunnah bagian dari shalat Witir dua rakaat dengan menghadap kiblat, tunai karena Allah SWT.”

Selanjutnya shalat dilakukan sebagaimana shalat biasa.

Hanya saja shalat witir dengan jumlah rakaat tiga hingga sebelas dilakukan tanpa tasyahud awal. Artinya, setiap dua rakaat dilakukan tasyahud akhir yang kemudian diakhiri dengan salam. Kemudian satu rakaat sisanya dilaksanakan terpisah di akhir.

Hal ini sesuai dengan apa yang dilakukan baginda Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam:

وَعَن عَائِشَة رَضِيَ اللَّهُ عَنْها: «كَانَ رَسُول الله صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّم َ يُصَلِّي فِيمَا بَين أَن يفرغ من صَلَاة الْعشَاء إِلَى الْفجْر إِحْدَى عشرَة رَكْعَة، يسلم بَين كل رَكْعَتَيْنِ، ويوتر بِوَاحِدَة» مُتَّفق عَلَيْهِ
Artinya:
Dari Aisyah RA: Rasulullah SAW shalat di antara shalat isya hinggw terbit fajar sebelas rakaat, beliau memberi salam tiap-tiap dua rakaat, dan yang penghabisannya satu rakaat." (HR Muttafaq 'alaih)

Adapun doa singkat setelah shalat witir adalah sebagai berikut:

اللَّهُمَّ رَبَّنَا تَقَبَّلْ مِنَّا صَلَاتَنَا وَصِيَامَنَا وَقِيَامَنَا وَتَخَشُعَنَا وَتَضَرُّعَنَا وَتَعَبُّدَنَا وَتَمِّمْ تَقْصِيْرَنَا يَا أَللهُ يَاأَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ وَصَلَّى اللهُ عَلَى خَيْرِ خَلْقِهِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ أَجْمَعِيْنَ وَالْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ
Artinya:
Ya Allah, tuhan kami terimalah dari kami: shalat, puasa, ibadah, kekhusyu'an, rendah diri dan ibadah kami, dan sempurnakanlah segala kekurangan kami. Ya allah, Tuhan yang Maha Pengasih dari segala yang pengasih. Dan semoga kesejahteraan dilimpahkan kepada makhluk-Nya yang terbaik, Nabi Muhammad SAW, demikian pula keluarga dan para sahabatnya secara keseluruhan. Serta segala puji milik Allah Tuhan semestra alam.

Bagikan:

Artikel Lainnya:

edi rusyandi
Back To Top