Channel Youtube Calon Sarjana Resmi Tutup, Dibanned?

Channel Youtube Calon Sarjana Resmi Tutup, Dibanned?

Sejak Rabu malam (22/1), akun Youtube Calon Sarjana menghilang di situs Youtube. Hal tersebut menjadi perbincangan netizen di Indonesia hingga menjadi trending topik di Twitter dan banyak dibahas di Facebook.

Berdasakan penelusuran, akun Calon Sarjana telah dibanned oleh pihak Youtube akibat adanya laporan pihak ketiga. Saat akan diakses, channel yang sudah memiliki belasan juta subscriber ini tidak ditemukan. Muncul keterangan penghentian akun dari Youtube.

"Akun ini telah dihentikan karena kami menerima beberapa klaim pelanggaran hak cipta dari pihak ketiga terkait materi yang diposkan pengguna," tertulis dalam laman Youtube.

Calon sarjana dibanned youtube
Sebelumnya, akun Calon Sarjana sempat menjadi perbincangan publik akibat adanya konten plagiasi di akun Calon Sarjana yang dilaporkan oleh akun Youtube JT.

"Aku menemukan YouTubers yang mencuri kontenku," kata akun YouTube JT seperti dikutip dari situs Kompas.com, Jumat (23/1/2020).

Akun JT menyebut ada seratusan lebih ide kontennya yang dicuri secara keseluruhan, baik berupa informasi hingga thumbnail. Namun, Kanal Calon Sarjana tidak mencantumkan kredit sama sekali dan JT menyertakan buktinya.

Atas kejadian ini, Kanal Calon Sarjana menyadari kesalahannya dan meminta maaf langsung kepada JT. Permintaan maaf ini diunggah JT di akun Twitter miliknya.

Sepertinya, setelah dibanned oleh Youtube, pengelola Akun Calon Sarjana membuat akun dengan nama yang sama kembali di Youtube. Yakni dengan merubah nama akun Calon Ilmuwan menjadi Calon Sarjana.

Calon Ilmuwan sendiri merupakan kanal yang merupakan bagian dari keluarga besar Calon Sarjana. Calon Ilmuwan sebelumnya sudah memiliki lebih dari 2 juta subscriber.

Akun ini kemudian dipindah nama menjadi Calon Sarjana menggantikan nama saudaranya yang sebelumnya sudah dibanned Youtube. Semua koleksi video yang pernah diunggah di Calon Ilmuwan dihilangkan. Kini, di akun tersebut tidak ditemukan satu video pun.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel