Inilah Nama 7 Anak Nabi Muhammad SAW

Inilah Nama 7 Anak Nabi Muhammad SAW

Kita sering mendengar istilah Habaib atau Sayyid yang merupakan keturunan Nabi Muhammad SAW. Semua keturunan Nabi Muhammad SAW yang saat ini ada seluruhnya berasal dari Sayyidah Fatimah az-Zahra puteri Baginda Nabi yang menikah dengan Sayyidina Ali bin Abi Thalib.

Nama Fatimah az-Zahra sebagai putri Baginda Nabi Muhammad sudah tidak asing di kalangan umat islam. Sebab dalam berbagai cacatan sejarah islam, nama Fatimah az-Zahra banyak disebutkan dalam berbagai kejadian dan peristiwa. Begitu pun karakter Fatimah az-Zahra sebagai perempuan shalehah banyak dijadikan rujukan kaum muslimah. Sehingga nama Fatimah az-Zahra tidak asing sebagai putri baginda Nabi Muhammad SAW.

Namun selain Fatimah az-Zahra, ada putra-putri baginda Nabi Muhammad lainnya yang perlu diketahui oleh umat islam.

Syaikh Nawawi al-Bantani dalam Syarh Tijan ad-Darori mengungkapkan perlunya seseorang mengetahui nama anak-anak Baginda Nabi Muhammad SAW berdasarkan jumlahnya. Menurutnya, hal ini perlu karena pentingnya seorang muslim mengenal pembesar-pembesar umat.

Adapun, anak-anak baginda Nabi Muhammad SAW seluruhnya berjumlah 7 orang menurut pendapat shahih dari kebanyakan ahli nasab. Terdiri dari 3 orang putra dan 4 orang putri.

Berikut adalah nama-nama anak Baginda Nabi Muhammad SAW,

1. Sayyid al-Qasim bin Muhammad
Nabi Muhammad SAW pernah dikenal dengan sebutan Abi Qasim (Ayahnya Qasim). Ini karena Sayyidina Qasim merupakan anak pertama Nabi. Sayyidina Qasim sendiri hidup sampai usia 17 bulan.

2. Sayyidah Zainab bin Muhammad
Sayyidah Zainab merupakan anak Nabi Muhammad SAW setelah Sayyid al-Qasim. Ia sempat mengalami masa islam, dan ikut hijrah dari Mekah ke Madinah. Ia meninggal di usia 29 tahun.

3. Sayyidah Ruqoyah bin Muhammad
Sayyidah Ruqoyah merupakan anak perempuan Nabi Muhammad SAW yang terkenal memiliki kecantikan. Ia meninggal bersamaan dengan peristiwa perang badar. Menurut riwayat Sayyidah Ruqayah meninggal di usia 22 tahun.

4. Sayyidah Fatimah az-Zahra bin Muhammad
Nama Fatimah berasal dari suku kata ‘Fathama’ yang berarti ‘menyapih’ atau ‘menghentikan’ atau ‘menjauhkan’. Sebuah riwayat marfu’ menyebutkan, dinamakan Fatimah karena Allah SWT menjamin dan menjauhkan putri Nabi SAW berikut seluruh keturunannya dari neraka di hari kiamat.

Dari Fatimah az-Zahra yang menikah dengan Ali bin Abi Thalib, lahir Sayyid Hasan dan Sayyid Husain. Dari dua jalur ini, keturunan Rasulullah SAW tersebar hingga saat ini.

5. Sayyidah Ummi Kulsum bin Muhammad
Nama Ummi Kulsum merupakan nama kuniyah atau nama panggilan, nama aslinya belum diketahui.

Umi Kulsum meninggal 9 tahun setelah peristiwa hijrah. Nabi SAW pernah duduk di samping kuburannya, kedua matanya meneteskan air mata. Lantas Nabi berkata, "Siapa di antara kalian yang tidak bercampur dengan istrinya tadi malam?”

Abu Thalhah berkata, “Aku, ya Rasululllah.”

Lalu, beliau menyuruhnya, “Turunlah kamu.”

Abu Thalhah pun turun ke dalam liang lahat dan menguburkan Ummu Kultsum. Maka dengan dipilihnya Abu Thalhah, seorang yang tidak junub pada waktu sebelumnya, kesucian Ummu Kultsum dijaga oleh Rasulullah hingga jenazahnya tertimbun tanah.

6. Sayyid Abdullah bin Muhammad
Sayyid Abdullah memiliki julukan "Thayyib" yang artinya baik dan "Thahir" yang artinya bersih. Ia adalah anak dari Nabi Muhammad dan Khadijah. Ia meninggal semasa ia masih kecil

7. Sayyid Ibrahim bin Muhammad
Sayyid Ibrahim adalah anak dari Nabi Muhammad dan Maria al-Qabtiyya. Ia lahir pada akhir bulan dari tahun 8 Hijriah. Ia diberi nama sama dengan Nabi Ibrahim, salah satu leluhur bagi bangsa Arab dan Israel.
Ia meninggal saat berumur tujuh puluh malam, ada pula yang mengatakan saat berusia tujuh bulan, dan yang lain berpendapat berumur delapan bulan.

Seluruh anak Nabi Muhammad SAW berasal dari hasil perkawinan dengan Siti Khadijah. Kecuali Sayyid Ibrahim yang merupakan hasil perkawinan dengan Siti Mariah al-Qibtiyah.

Oleh: Ang

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel