Rekrut Kader Baru, GP Ansor Padalarang Siap Bergerak Taktis

Rekrut Kader Baru, GP Ansor Padalarang Siap Bergerak Taktis
Suasana Kelas PKD GP Ansor Padalarang

Pada Jum'at (10/1/20), GP Ansor Kecamatan Padalarang menggelar Pelatihan Kepemimpinan Dasar (PKD) di Pondok Pesantren Darussalam Gunungbentang asuhan KH Hamdan, Desa Jayamekar, Kecamatan Padalarang, Bandung Barat.

Kegiatan yang merupakan program kaderisasi anggota tersebut diikuti oleh 30 peserta yang sebelumnya telah lulus seleksi.

Ketua GP Ansor Padalarang, Teja mengatakan  bahwa PKD merupakan upaya penjaringan anggota untuk menciptakan kader yang bergerak memperjuangkan Ahlussunnah wal Jama'ah. Ia menilai peran pemuda sangat penting dalam mencapai tujuan yang dimaksud.

"Pengkaderan kali ini bertujuan untuk menciptakan generasi pemuda yang tangguh bergerak taktis sesuai aqidah ahlusunnah wal jama'ah. Agenda ini adalah upaya untuk menjaring dan menciptakan kader-kader muda di akar rumput," paparnya.

Ketua GP Ansor Bandung Barat, Cecep Nedi Sugilar menyambut baik pelaksanaan PKD yang digelar PAC GP Ansor Kecamatan Padalarang. Cecep berharap kader Ansor Padalarang memiliki semangat yang kuat. Bukan hanya dalam beragama, tetapi juga dalam berbangsa dan bernegara.

"Kader muda Ansor harus mendukung pemerintahan daerah sampai ke tataran pemerintahan desa. Kita wajib mempertahankan NKRI dari faham-faham radikal dan intoleran, bahkan samapi di media sosial yang sangat memprihatinkan," ungkapnya saat memberikan sambutan.

Sementara itu Wakil Ketua GP Ansor Jawa Barat, Edi Rusyandi memaparkan pentingnya pemuda nahdliyyin bergabung dalam organisasi Pemuda Ansor. Dan kader yang sudah bergabung diharapkan mampu memiliki daya saing, salah satunya dalam pembangunan kemandirian ekonomi kader.

"Kader harus memiliki daya saing, khususnya dalam kemandirian ekonomi," ujar Edi yang juga merupakan Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat.

Pelatihan Kepemimpinan Dasar (PKD) menjadi awal penggodogan kader muda dalam memasuki gerbang organisasi Ansor. PKD merupakan syarat mutlak bagi kader muda Ansor untuk aktif tergabung menjadi keluarga Ansor.

Peserta PKD akan mendapatkan informasi dan ilmu mengenai materi ke-aswajaan, ke-NU-an, Kepemimpinan, Kebangsaan, Bantuan Hukum dan lainnya. Semua materi dipaparkan oleh pemateri-pemateri yang sudah kredibel di bidangnya.

PKD Ansor Padalarang dilaksanakan selama 3 hari, sari 10 - 12 Januari 2020. Seluruh peserta dididik dan dilatih penuh disiplin. Semua peserta mengikuti semua tahapan dalam pengkaderan ini.

Kegaitan PKD Ansor Padalarang berakhir hari Minggu pukul 01.00 dini hari, kegiatan ini ditutup langsung sesepuh MCNU kecamatan Padalarang yang juga sesepuh pondok Pesantren Darussalam, KH Hamdan.

KH Hamdan berharap peserta yang lulus menjadi kader ansor sejati.

"Kita berharap bahwa peserta yang lulus ini menjadi kader muda Ansor yang ghiroh, fikroh dan harokahnya berdasarkan ahlusunnah waljama'ah," ungkapnya.
(Ang)
Bagikan:

Artikel Lainnya:

Back To Top