Ciri dan Tanda-Tanda Baligh pada Anak #KajianSafinah

Ciri dan Tanda-Tanda Baligh pada Anak #KajianSafinah

Ciri dan Tanda-Tanda Baligh anak #KajianSafinah
Kajian Kitab Safinatu an-Naja, tanda-tanda anak yang sudah baligh.

Dalam kitab Safinah an-Naja, Syaikh Salim bin Sumair al-Hadromiy merinci tiga tanda dan ciri baligh:

علامات البلوغ ثلاث، تمام خمس عشرة سنة في الذكر والأنثى والاحتلام في الذكر والأنثى لتسع سنين والحيض في الأنثى لتسع سنين
Artinya:
"Tanda-tanda baligh ada tiga; yakni umur yang genap 15 tahun bagi lelaki dan perempuan, keluar mani pada lelaki dan perempuan karena usia sudah 9 tahun, dan haid pada perempuan karena usia sudah 9 tahun."

Adapun penjelasan dari tiga tanda baligh di atas adalah sebagai berikut:

Pertama, tercapainya usia 15 tahun bagi laki-laki maupun perempuan. 

Seorang anak yang sudah genap menginjak usia lima belas tahun dipastikan sudah baligh. Artinya, tanpa perlu melihat tanda-tanda baligh yang lain, jika seorang anak sudah berusia lima belas tahun, maka ia dipastikan sudah baligh.

Usia lima belas tahun ini dihitung berdasarkan hitungan kalender qomariyah (hijriyah). Dihitung dari sejak anak lahir ke dunia. Sehingga orang tua penting untuk mencatat kelahiran dan usia anak berdasar hitungan tahun hijriyah.

Kedua, keluar sperma (ihtilam), pada lelaki maupun perempuan yang sudah menginjak usia 9 tahun.

Saat seorang anak, laki-laki maupun perempuan yang sudah menginjak usia sembilan tahun atau lebih, dan mengeluarkan cairan sperma maka ia sudah baligh. Atau seorang anak di usia tersebut merasa hendak keluar sperma karena dorongan yang kuat, namun ditahan sehingga tidak keluar, maka itu pun sudah masuk tanda baligh.

Keluarnya cairan sperma ini baik dalam kondisi sadar maupun sedang tidur (mimpi), baik karena persetubuhan maupun karena hal lain yang menyebabkan keluarnya sperma.

Ketiga, haidl.

Anak perempuan yang sudah berusia 9 tahun (hijriyah) atau lebih, apabila dari kemaluannya keluar darah, maka darah tersebut dimungkinkan sebagai darah haidl. Dan menjadi ciri baligh bagi seorang perempuan.

Pembahasan tanda-tanda baligh merupakan pembahasan masalah fiqih pertama yang dibahas dalam kitab Kasyifatu as-Saja. Kenapa pembahasan ini didahulukan?

Simak jawabannya di sini:
Kenapa Tanda Baligh Jadi Bahasan Fiqih Pertama dalam Kitab Safinah
___
Penulis: Ang Rifkiyal (Instagram)

Bagikan:

Artikel Lainnya: