Doa Memohon Panjang Umur - Islami

Panjang Umur dan Dekat Dengan Kebaikan
Panjang umur dan dekat dengan kebaikan adalah bekal mendapat kebahagiaan di akhirat kelak.

Umur atau usia kehidupan adalah jangka waktu terbatas yang dimiliki manusia untuk hidup di dunia. Setiap manusia memiliki umur yang berbeda beda.

Kadang, kita bisa melihat ada orang yang berumur panjang hingga mencapai seratus tahun. Tapi kita juga sering melihat orang yang usianya hanya sampai seumur jagung. Dan bahkan diantaranya, ada yang sudah meninggal dalam kandungan.

Bagi para balita dan anak yang belum mukallaf (belum baligh dan berakal), maka meninggal di usia tersebut menurut para ulama tidak dikenakan hisab. Sebab amal perbuatan masih belum dicatat.

Bagi yang sudah baligh dan berakal, tentu akan ada hisab atas catatan amal baik dan amal buruk yang dilakukan. Oleh karena itu memanfaatkan usia dengan diisi amal baik adalah suatu hal penting sebagai bekal di akhirat nanti.

Oleh sebab itu, memohon umur yang panjang kepada Allah harus disertakan dengan ketaatan. Agar umur yang Allah SWT berikan senantisa menjadi ladang pahala dan kebaikan bagi kita. Yang pada akhirnya semakin umur panjang, maka semakin banyak pula catatan kebaikan yang didapat sebagai bekal di akhirat kelak.

Doa Memohon Umur Panjang dan Didekatkan dengan Kebaikan

اَللَّهُمَّ طَوِّلْ عُمُورَنَا وَصَحِّحْ أَجْسَادَنَا وَنَوِّرْ قُلُوْبَنَا وَثَبِّتْ إِيْمَانَنَا وَأَحْسِنْ أَعْمَالَنَا وَوَسِّعْ أَرْزَقَنَا وَإِلَى الخَيْرِ قَرِّبْنَا وَعَنِ الشَّرِّ اَبْعِدْنَا وَاقْضِ حَوَائِجَنَا فِى الدِّيْنِ وَالدُّنْيَا وَالۤاخِرَةِ، إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَىْءٍ قَدِيْرٌ
Bacaan latinnya:
Allohumma thowwil umuurona, wa shohhih ajsadana, wa nawwir quluubana, wa sabbit imanana, wa ahsin a'maalana, wa wassi' arzaqona, wa ilal khoiri qorribna, wa 'ani syarri ab'idna, waqdi hawa-ijana fiddini waddunya wal akhirah, innaka 'ala kulli syai-in qodir.

Artinya:
"Ya Allah, panjangkanlah umur kami, sehatkanlah jasad kami, terangilah hati kami, tetapkanlah iman kami, baikkanlah amalan kami, luaskanlah rejeki kami, dekatkanlah kami pada kebaikan dan jauhkanlah kami dari kejahatan, kabulkanlah segala kebutuhan kami dalam agama, dunia, dan akhirat. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu."

Demikianlah doa panjang umur dan agar selalu dekat dengan kebaikan. Semoga kita semua dapat mengamalkannya dalam keseharian kita.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel