Doa Ketika Turun Hujan sesuai Hadits

Doa Ketika Turun Hujan sesuai Hadits

Doa Ketika Turun Hujan sesuai Hadits


Hujan adalah salah satu fenomena alam yang dalam pandangan manusia, hujan bisa berarti sumber berkah, namun tidak jarang hujan yang mendatangkan musibah.

Di negara beriklim tropis seperti Indonesia, hujan turun selama satu musim dalam jangka waktu setengah tahun bergantian dengan musim panas.

Namun di negara-negara yang iklimnya berbeda, hujan bisa turun sangat sering sepanjang tahun, atau bahkan ada yang sangat langka. Ada wilayah yang hampir sepanjang tahun mengalami hujan seperti di wilayah Cherrapunji dan Meghalaya, India. ada pula wilayah yang hampir sepanjang tahun tidak pernah hujan seperti di Lembah Kering, Antartika.

Doa Ketika Turun Hujan

Imam Abi Zakaria al-Nawawi dalam kitab al-Adzkar mencantumkan hadits Riwayat Bukhari, dari Siti Aisyah RA: "Sesungguhnya Rasulullah SAW ketika melihat hujan ia berkata (berdoa):

اَللَّهُمَّ صَيِّبًا نَافِعًا
Bacaan latinnya:
Allâhumma shayyiban nâfi‘ân.

Artinya:
“Wahai Tuhanku, jadikan ini hujan yang bermanfaat,” (HR Bukhari)

Demikianlah cara Rasulullah SAW ketika melihat hujan sedang turun. Kita sebagai umatnya sudah seharusnya mengikuti berbagai sunnahnya. Dimulai dari hujan, dimulai dari hal-hal kecil.

Untuk mendapatkan kontan-konten dakwah ahlussunnah wal jama'ah, pastikan sahabat fillah semua berlangganan artikel yang diterbitkan dari situs santripedia.
___
Penulis: Ang Rifkiyal (Instagram), Pondok Pesantren Mafazah Assalafiyah

Bagikan: