Bacaaan Surat al-Qur'an dalam Shalat Tarawih

Bacaaan Surat al-Qur'an dalam Shalat Tarawih

Shalat sunnah tarawih adalah shalat sunnah yang dilaksanakan pada setiap malam di sepanjang bulan Ramadlan.

Shalat ini dilaksanakan setelah shalat isya dengan jumlah rakaat sebanyak 20. Dan setiap 2 rakaat diselingi dengan salam.

Syaikh Muhammad Nawawi al-Bantani dari madzhab Syafi'i dalam kitab fiqih Nihayatu az-Zain mengatakan:

ولا يصح أن يصلي أربعا منها بسلام بل لا بد أن يكون كل ركعتين منها بسلام لأنها وردت كذلك
Artinya:
“Shalat tarawih tidak sah dikerjakan empat rakaat dengan satu salam, tetapi ia harus ada salam setiap dua rakaat karena hadits menyatakan demikian,” (Lihat Syaikh Muhammad Nawawi Banten, Nihayatuz Zain, [Beirut, Darul Kutub Al-Ilmiyyah: 2002 M/1422 H], halaman 112).

Adapun surat yang dibaca setelah pembacaan Surat Al-Fatihah bersifat sunnah. Mereka yang shalat sendiri dapat memilih surat mana saja yang mudah baginya untuk dibaca setelah Surat Al-Fatihah. Namun yang paling utama adalah dengan metode tajziyah atau selama tarawih satu malam menghatamkan 1 juz. Sehingga 1 bulan bisa menghatamkan seluruh surat dalam al-Qur'an.

Namun ada pula yang membiasakan membaca surat-surat pendek. Dimana setiap rakaat kedua mengulang-mengulang membaca surat al-Ikhlash, dan di rakaat pertamnya membaca surat al-Takatsur hingga surat al-Lahab.

Ini banyak dilakukan masyarakat muslim di mesir, dan termasuk dipakai juga oleh mayoritas masyarakat Indonesia.

Meskipun membaca surat-surat pendek bukan yang utama, namun sisi positifnya adalah metode ini mampu menyesuaikam dengan kondisi jamaah yang cenderung tidak sanggup berlama-lama.

Sehingga bisa menghindarkan orang yang menjadi memilih tidak tarawih karena tidak sanggup berlama-lama.

Surat-Surat Pendek yang Dibaca dalam Shalat Tarawih

Adapun susunan surat-surat pendek yang dibaca dalam shalat tarawih adalah sebagai berikut:

Pada rakaat pertama membaca surat At Takatsur (التكاثر), kemudian dilanjut membaca surat al-Ikhlas (الاخلاص) di rakaat kedua.

Pada rakaat ketiga membaca surat Al ‘Ashr (العصر), kemudian dilanjut membaca surat al-Ikhlas (الاخلاص) di rakaat keempat.

Pada rakaat kelima membaca surat al-Humazah (الهمزة), kemudian dilanjut membaca surat al-Ikhlas (الاخلاص) di rakaat keenam.

Pada rakaat ketujuh membaca surat al-Fill (الفيل), kemudian dilanjut membaca surat al-Ikhlas (الاخلاص) di rakaat ke delapan.

Pada rakaat ke sembilan membaca surat Quraish (قريش), kemudian dilanjut membaca surat al-Ikhlas (الاخلاص) di rakaat ke ke sepuluh.

Pada rakaat ke sebelas membaca surat (الماعون), kemudian dilanjut membaca surat al-Ikhlas (الاخلاص) di rakaat ke dua belas.

Pada rakaat ke tiga belas membaca surat al-Kautsar (الكوثر), kemudian dilanjut membaca surat al-Ikhlas (الاخلاص) di rakaat ke empat belas.

Pada rakaat ke lima belas membaca surat al-Kafirun (الكافرون), kemudian dilanjut membaca surat al-Ikhlas (الاخلاص) di rakaat ke enam belas.

Pada rakaat ke tujuh belas membaca surat an-Nashr (النصر), kemudian dilanjut membaca surat al-Ikhlas (الاخلاص) di rakaat ke delapan belas.

Pada rakaat ke sembilan belas membaca surat al-Lahab (اللهب), kemudian dilanjut membaca surat al-Ikhlas (الاخلاص) di rakaat ke dua puluh.

Berikut ini adalah tabel jadwal surat-surat pendek dalam al-Qur'an yang dibaca dalam shalat tarawih:

Surat-Surat Pendek yang Dibaca dalam Shalat Tarawih
Tabel Surat-Surat Pendek yang Dibaca dalam Shalat Tarawih.
Keterangan:

  1. Shalat tarawih dilaksanakan 20 rakaat sesuai syar'i.
  2. Setiap 2 rakaat diselingi dengan salam.
  3. Pada rakaat pertama, membaca surat at-Takasur, pada rakaat kedua membaca surat al-ikhlas, pada rakaat ketiga membaca surat al-Ashr, pada rakaat keempat membaca surat al-ikhlas. Begitu seterusnya sebagaimana dalam tabel.
  4. Catatan: pada dasarnya, di setiap rakaat kedua setelah salam boleh membaca surat mana saja yang disenangi. Bagi yang memilih membaca surat-surat pendek, baiknya megikuti susunan seperti pada tabel diatas sebab sudah tersusun dan lebih mudah.
Tag: shalat tarawih, ramadlan, bacaan, surat pendek, al-qur'an, shalat malam, shalat sunnah.

Bagikan:

Artikel Lainnya: