Lirik Sholawat Syifa atau Sholawat Tibbil Qulub -->

Lirik Sholawat Syifa atau Sholawat Tibbil Qulub

Lirik Sholawat Syifa atau Sholawat Tibbil Qulub
Redaksi Sholawat Syifa (Sholawat Tibbil Qulub) (Tulisan arab).

Dalam al-Qur'an, Allah SWT berfirman,

إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ ۚ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا
Artinya:
“Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman, bershalawatlah untuknya dan bersalamlah dengan sebenar-benar salam.“ (QS. Al-Ahzab: 56)

Membaca shalawat merupakan salah satu amalan yang bernilai pahala bagi setiap muslim. Oleh karena itu,  dengan memperbanyak membaca shalawat sama halnya dengan memperbanyak pahala.

Di kalangan umat islam, banyak sekali variasi lafadz dan bacaan shalawat. Baik itu yang redaksinya matsur dari Rasulullah SAW, maupun shalawat-shalawat yang telah disusun oleh para ulama disesuaikan dengan hajat dan doa lainnya yang dimohonkan kepada Allah SWT.

Diantara sholawat yang banyak dibaca di kalangan umat islam adalah Sholawat Syifa atau sering disebut juga dengan Sholawat tibbil Qulub.

Berikut ini adalah lirik atau bacaan sholawat Syifa atau Sholawat Tibbil Qulub,
 أَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ طِبِّ الْقُلُوْبِ وَدَوَائِهَا وَعَافِيَةِ الأَبْدَانِ وَشِفَائِهَا وَنُوْرِ الأَبْصَارِ وَضِيَائِهَا وَعَلَى آَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ
Bacaan latinnya:
Allohumm sholli 'ala sayyidina Muhammadin, tibbil quluubi wa dawaa-iha, wa 'aafiyatil abdaani wa syifa-iha, wa nuuril abshoori wa dliyaa-iha, wa 'ala aalihi wa shahbihi wa sallim."

Artinya:
“Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada baginda kami Nabi Muhammad yang menjadi obat dan penyembuhan hati, penyehat dan penyelamat badan, cahaya dan sinar penglihatan, dan limpahkan kepada keluarga dan sahabat-sahabatnya, dan berilah kesejahteraan."

Sholawat ini cukup populer di kalangan umat islam. Saat terjadi pandemi virus corona, umat muslim banyak mengamalkan membaca Sholawat ini sebagai salah satu amalan penolak penyakit dan permohonan kesembuhan pada Allah SWT.

Sebab diantara faidah membaca shlawat ini adalah untuk menjaga kesehatan tubuh dan menjadi obat dari segala penyakit lahir maupun batin.

Semoga Allah SWT menjadikan kita semua sebagai ahli sholawat. Amiin ya Allah.

Bagikan:

Artikel Lainnya: