'Barakallahu laka' Doa untuk Pengantin Sesuai Sunnah

'Barakallahu laka' Doa untuk Pengantin Sesuai Sunnah

Masih banyak diantara kita yang datang ke kondangan pernikahan hanya mengucapkan selamat dan bersalaman saja dengan pengantin. Atau selebihnya cipika-cipiki dan berfoto selfi lantas makan kemudian pulang.


Kadang-kadang, kita melupakan salah satu hal penting dari kehadiran kita ke acara pernikahan, yaitu untuk mendoakan sang pengantin agar mendapat keberkahan, sakinah, mawaddah dan mendapat rahmah dari Allah SWT.


Pedahal, ada salah satu ucapan sunnah dari Nabi Muhammad SAW yang bisa kita tiru ketika kita menemui pengantin atau orang yang baru menikah. Yaitu mengucapkan "Barrokallahu laka wa Baarroka 'alayka, wa jama'a bainakuma finkhoirin". Yang mana ucapan tersebut adalah doa untuk pengantin.


Doa Barakallahu Laka

'Barakallahu laka' Doa untuk Pengantin Sesuai Sunnah

Dalam kitab al-Adzkar an-Nawawi yang disusun oleh Imam an-Nawawi disebutkan bahwa mengucapkan barrakallahu laka kepada pengantin lelaki merupakan sunnah. Adapun lafadz lengkapnya adalah sebagaimana berikut:

بَارَكَ اللَّهُ لَكَ وَبَارَكَ عَلَيْكَ وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِيْ خَيْرٍ

Bacaan latinnya:
Barakallahu laka wabaraka ‘alaika wajama’a bainakuma fi khair

Artinya:
“Semoga Allah memberi keberkahan kepadamu dan atasmu serta mengumpulkan kamu berdua dalam kebaikan.” (HR. Bukhari, Muslim, Tirmidzi)


Doa barakallahu laka adalah ucapan baginda Nabi SAW kepada pengantin yang baru menikah. Diantaranya pernah diucapkan kepada sahabat Nabi seperti Abdurrahman bin Auf dan Jabir sebagaimana disebutkan dalam beberapa riwayat hadits.


Dan kepada masing-masing pengantin, baik pengantin lelaki maupun pengantin perempuan disunnahkan pula mengucapkan,

بَارَكَ اللَّهُ لِكُلِّ وَاحِدٍ مِنْكُمَا فِي صَاحِبِهِ وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِيْ خَيْرٍ

Bacaan latinnya:
Barakallahu likulli waahidin minkuma fii shohibihi wajama’a bainakuma fi khair

Artinya:
“Semoga Allah memberi keberkahan kepada masing-masing dari kalian berdua dan atas pasangannya, serta mengumpulkan kalian berdua dalam kebaikan.” (Lihat kitab al-Adzkar, Imam Nawawi, Cetakan Imarotullah, Surabaya)


Demikianlah doa untuk pengantin yang bisa kita ucapkan kepada saudara, kerabat atau kenalan kita yang baru menikah.


Alangkah baiknya ketika kita datang ke undangan pernikahan, maka ketika menyapa pengantin sebaiknya mendahulukan doa "barakallahu laka" untuk pengantin sebagaimana telah diuraikan di atas.


Dan tentu, saat mengucapkan barakallahu laka tersebut dibarengi dengan niat ikhlas karena Allah SWT. Agar menjadi nilai ibadah sunnah bagi yang mengucapkan, dan menjadi doa kebaikan bagi pengantin yang baru memasuki bahatera rumah tangga. Wallohu a'lamu bis showaab.

Bagikan: