Doa Rasulullah Ketika Takut Terhadap Sesuatu

Doa Rasulullah Ketika Takut Terhadap Sesuatu

Doa Rasulullah Ketika Takut Terhadap Sesuatu


Setiap orang pasti pernah merasa takut. Sebab hal tersebut merupakan bagian dari fitrah dan kondisi alami yang terjadi pada diri manusia.

Rasa takut yang dialami oleh seseorang bisa terjadi karena apa saja. Contohnya ada orang yang takut karena hewan buas, takut penjahat, takut penyakit, dan lain sebagainya.

Pada dasarnya, hakikat rasa takut adalah dari Allah SWT. Sebab Allah pemilik segalanya, Dzat yang maha membolak-balikan hati. Oleh karena itu ketika kita merasa takut, hendaknya kita kembali kepada Allah agar diberi ketenangan dan dihilangkan dari rasa takut.


Doa Ketika Merasa Takut

Ada doa atau amalan yang bisa kita praktekkan ketika kita sedang merasa takut terhadap sesorang atau sesuatu. Amalan ini diriwayatkan dalam Ibnu Sinni, "dari Tsauban ~radliyallahu 'anhu~, bahwasanya Rasulullah SAW ketika menghadapi sesuatu yang membuatnya takut maka beliau berkata,

هُوَ اللَّهُ، اَللَّهُ رَبِّيْ لَا شَرِيْكَ لَهُ

Bacaan Latinnya:
Huwalloh, Allahu robbiy laa syariika lahu.

Artinya:
"Dia adalah Allah, Allah adalah tuhanku, tidak ada sekutu bagi-Nya"

(Hadits ini tercantum dalam kitab al-Adzkar yang disusun oleh Imam an-Nawawi: Maktabah Imarotullah, Surabaya, 2012, Hal. 112)

Demikian amalan yang bisa dipraktekkan ketika kita merasa takut. Semoga dengan wasilah mendekatkan diri kepada Allah SWT, apa yang kita takuti menjadi hilang, hati menjadi tenang dan segala urusan menjadi dimudahkan oleh Allah SWT. Allohu a'lamu bi showab.

Baca kembali: Doa Ketika Takut, Amalan Rasulullah Saat Merasa Takut

Bagikan: