Doa Mohon Ditunjukkan Kebenaran, Allahumma Arinal Haqqa Haqqa

Doa Mohon Ditunjukkan Kebenaran, Allahumma Arinal Haqqa Haqqa

Doa Agar Ditunjukkan Kebenaran, Allohumma Arinal Haqqa Haqqa


Doa berikut ini adalah doa memohon kepada Allah SWT agar ditunjukan (diperlihatkan) kebenaran dan kebatilan. Sehingga terhadap kebenaran kita bisa mengikutinya, dan dari kebatilan kita bisa menjauhinya.


Doa memohon ditunjukan kebenaran ini termasuk doa yang banyak dibaca oleh umat muslim. Dimana doa ini diawali dengan kata Allohumma Arinal Haqqa Haqqa.


Berikut ini adalah doa lengkapnya dengan tulisan arab, latin dan artinya,


اللَّهُمَّ أَرِنَا الْحَقَّ حَقًّا وَارْزُقْنَا اتِّبَاعَهُ، وَأَرِنَا الْبَاطِلَ بَاطِلًا وَارْزُقْنَا اجْتِنَابَهُ، وَلَا تَجْعَلْهُ مُلْتَبِسًا عَلَيْنَا فَنَضِلَّ، وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا


Allohumma arinal haqqo haqqon warzuqnat tibaa'ahu, wa arinal bathila bathilan warzuqnaj tinaabahu. Wa laa taj'alhu multabisan 'alayna fanadlilla, waj'al a lilmuttaqiina imaama.


Artinya:

"Ya Allah tunjukkanlah kepada kami yang benar itu benar dan bantulah kami untuk mengikutinya, dan tunjukkanlah kepada kami yang batil itu batil dan bantulah kami untuk menjauhinya. Janganlah Engkau menjadikannya samar di hadapan kami sehingga kami tersesat. Dan jadikanlah kami pemimpin bagi orang-orang yang bertakwa."


Doa di atas merupakan doa yang matsur dari Umar bin al-Khottob sebagaimana disebutkan al-Bahuti dalam kitabnya Syarh Muntahal Iraadaat.


Doa ini juga tercatat dalam Tafsir Ibn Katsir dalam penjelasan QS. Al-Baqarah ayat 213.


Doa Allohumma Arinal Haqqa Haqqa merupakan doa yang isinya sangat bermanfaat. Dimana seorang mukmin memohon kepada Allah SWT agar diberikan taufiq untuk mengetahui kebenaran dari sesuatu yang di dalamnya terjadi perbedaan di kalangan manusia, atau atas sesuatu yang ditemui.


Kemudian meminta kepada Allah agar memberi pertolongan untuk mengikuti kebenaran dan tetap atas kebenaran itu. Sebaliknya, memohon kepada Allah agar diajauhkan dari kebatilan dan kesia-siaan. Wallahul muwaffiq wahuwa a'lam.

Bagikan: