Allahumma Shoyyiban Nafi'an: Doa Turun Hujan - Tulisan Arab dan Artinya

Allahumma Shoyyiban Nafi'an: Doa Turun Hujan - Tulisan Arab dan Artinya

Ketika turun hujan, umat muslim disunnahkan untuk membaca doa allohumma shoyyiban nafi'an. Sebab doa ini merupakan doa Baginda Nabi Muhammad SAW ketika turun hujan sebagaimana yang diriwayatkan dalam Hadits Bukhari.

Selain doa allahumma shoyyiban nafi'an, umat muslim juga dianjurkan berdoa dengan doa-doa kebaikan lainnya ketika turun hujan. Sebab ketika turun hujan adalah salah satu waktu ijabah doa, dimana doa-doa kita akan mudah dikabulkan oleh Allah SWT. Adapun penjelasan sederhananya kami uraikan di paling akhir postingan ini.

Bagi yang ingin mengetahui teks doa dan tulisan arab allahumma shoyyiban nafi'an dan artinya, dalam postingan ini kami sertakan doanya.

Tulisan Arab Allahumma Shoyyiban Nafi'an dan Artinya

Berikut ini adalah doa allohumma shoyyiban nafi'an yang dibaca ketika turun hujan,
ﺍَﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﺻَﻴِّﺒًﺎ ﻧَﺎﻓِﻌًﺎ
Bacaan latinnya: 
Allohumma shoyyiban nafi'an
Artinya, "Ya Allah, (Jadikan hujan ini) hujan yang bermanfaat." (HR. Bukhari).

Doa Ketika Hujan, Allohumma Shoyyiban Nafi'an Teks Arab dan Artinya

Keutamaan Berdoa Ketika Turun Hujan

Kenapa kita harus berdoa ketika hujan turun? Karena Rasulullah SAW berdoa ketika turun hujan. Saat turun hujan merupakan saat-saat dimana doa akan dikabulkan. Hal ini sebagaimana yang disabdakan oleh Rasulullah SAW dalam hadits,

ثِنْتَانِ مَا تُرَدَّانِ الدُّعَاءُ عِنْدَ النِّدَاءِ وَ تَحْتَ المَطَرِ

Artinya, "Dua doa yang tidak akan ditolak, yaitu doa ketika adzan dan doa ketika ketika turunnya hujan." (HR. Imam Hakim & Ath-Thabrani)

Sebaiknya doa yang dipanjatkan adalah doa ketika hujan sebagaimana yang telah diuraikan di atas redaksi doanya. Selain itu, kita boleh memanjatkan doa-doa lainnya yang berisi harapan kebaikan dan kemaslahatan untuk kehidupan di dunia dan di akhirat.

Tentang Hujan

Hujan adalah salah satu fenomena alam yang dalam pandangan manusia, hujan bisa berarti sumber berkah, namun tidak jarang hujan yang mendatangkan musibah.

Di negara beriklim tropis seperti Indonesia, hujan turun selama satu musim dalam jangka waktu setengah tahun bergantian dengan musim panas.

Namun di negara-negara yang iklimnya berbeda, hujan bisa turun sangat sering sepanjang tahun, atau bahkan ada yang sangat langka. Ada wilayah yang hampir sepanjang tahun mengalami hujan seperti di wilayah Cherrapunji dan Meghalaya, India. ada pula wilayah yang hampir sepanjang tahun tidak pernah hujan seperti di Lembah Kering, Antartika.

Demikian artikel ini dibuat, semoga memudahkan kita semua dalam melakukan sunnah dan amal saleh.

Bagikan: