Doa Ulang Tahun 'Barakallah Fii Umrik' Lengkap Arab dan Artinya

Doa Ulang Tahun 'Barakallah Fii Umrik' Lengkap Arab dan Artinya

Hari ulang tahun memang menjadi hari yang spesial bagi sebagian orang. Sebab di hari ulang tahun, beberapa orang menjadikannya sebagai hari muhasabah atau hari introspeksi diri. Dimana perjalanan kehidupan yang telah lalu dievaluasi dan mempersiapkan kehidupan selanjutnya agar lebih baik di usia yang terus bertambah.

Oleh karena itu, ketika ada seseorang yang kita sayangi dan kita cintai berulang tahun, hendaknya kita memberikan motivasi agar dia bisa semakin baik dalam berbagai urusan, usinya diberkahkan, dan tentu diberikan umur yang panjang oleh Allah SWT.

Diantara doa dan ucapan selamat ulang tahun yang populer adalah ucapan barrakallah fii umrik.

Doa dan Ucapan Selamat Ulang Tahun Barrakallah fii Umrik

Diantara ucapan selamat ulang tahun yang populer di kalangan umat islam di Indonesia adalah ucapan "Barrakallah fii Umrik".

Berikut ini doa dan ucapan selamat ulang tahun barrakallah fii umrik dalam tulisan arab, bacaan latin dan artinya:

بَارَّكَ اللَّهُ فِي عُمْرِك
Tulisan bacaan latinnya:
Barrakallahu fii umrik

Artinya:
"Semoga Allah memberkahi usiamu."


Ucapan Barrakallah fii Umrik yang Benar Sesuai Kaidah Bahasa Arab Untuk Berbagai Orang

Dalam bahasa arab, ketika kita mengucapkan barrakallah fii umrik kepada seseorang, maka kita harus memperhatikan dlomir alias kata ganti orang atau lawan bicara yang akan kita beri doa dan ucapan. Sebab bunyi ucapan ini akan berbeda-beda, menyesuaikan dengan kepada siapa ucapan ini diberikan.

Untuk Seorang Laki-laki
بَارَّكَ اللَّهُ فِي عُمْرِكَ
Barakallah fi umrika
Artinya, "Semoga Allah memberkahi usiamu (laki-laki)."

Untuk Seorang Perempuan
بَارَّكَ اللَّهُ فِي عُمْرِكِ
Barakallah fi umriki
Artinya, "Semoga Allah memberkahi usiamu (perempuan)."

Untuk 2 Orang (baik Laki-laki Maupun Perempuan)
بَارَّكَ اللَّهُ فِي عُمْرِكُمَا
Barrakallah fii umrikuma
Artinya, "Semoga Allah memberkahi usia kamu berdua."

Untuk Lelaki Banyak
بَارَّكَ اللَّهُ فِي عُمْرِكُمْ
Barakallah fi umrikum
Artinya, "Semoga Allah memberkahi usia kalian (laki-laki)."

Untuk Perempuan Banyak
بَارَّكَ اللَّهُ فِي عُمْرِكنَّ
Barakallah fi umrikunna
Artinya, "Semoga Allah memberkahi kalian (perempuan)."

Ucapan Barrakallah fii Umrik Dilengkapi dengan Doa Tambahan

بَارَّكَ اللَّهُ فِي عُمْرِك وَأَطَالَ عَمْرَك فِي طَاعَتِهِ وَكَشَفَ ضَرَّك وَفَرَّجَ هَمَّك وَبَارَّك فِي عَمَلِك وَمَالَك وَيَسِّرْ أُمُورَك
Artinya, "Semoga Allah memberkahi usiamu, memanjangkan umurmu dalam ketaatan, menyingkirkan kesulitanmu, membedah kebimbanganmu, dan semoga Allah memberkahi amalmu dan apa yang ada padamu, serta memudahkam urusanmu."

بَارَّكَ اللَّهُ فِي عُمْرِك وَ بَارَّكَ اللَّهُ فِي كُلِّ أُمُورَك
Artinya, "Semoga Allah memberkahi usiamu, dan Semoga Allah memberkahi setiap urusanmu."

بَارَّكَ اللَّهُ لَكَ فِي عُمْرِك وَ عَمَلِك وَ صِحَّتِك وَ اَتَمَّ عَلَيْكَ نِعْمَتَهُ وَ رَزَقَك سَعَادَةَ الدَّارَيْنِ
Artinya, "Semoga Allah memberkahi atas usia, amal dan kesehatanmu, dan menyempurnakan atasmu kenikmatan-Nya serta memberimu rejeki kebahagian dunia dan akhirat."

بَارَّكَ اللَّهُ فِي عُمْرِك اَللَّهُمَّ طَوِّلْ عُمُورَنَا وَصَحِّحْ أَجْسَادَنَا وَنَوِّرْ قُلُوْبَنَا وَثَبِّتْ إِيْمَانَنَا وَأَحْسِنْ أَعْمَالَنَا وَوَسِّعْ أَرْزَقَنَا وَإِلَى الخَيْرِ قَرِّبْنَا وَعَنِ الشَّرِّ اَبْعِدْنَا وَاقْضِ حَوَائِجَنَا فِى الدِّيْنِ وَالدُّنْيَا وَالۤاخِرَةِ إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَىْءٍ قَدِيْرٌ 
Artinya, "Semoga Allah memberkahi usiamu. Ya Allah, panjangkan umur kami, sehatkan badan kami, terangi hati kami, tetapkan iman kami, baikkan amalan kami, luaskan rezeki kami, dekatkan kami pada kebaikan, dan jauhkan kami dari kejahatan, kabulkan segala kebutuhan kami, baik dalam agama, dunia, maupun akhirat. Sesungguhnya Kau adalah Dzat Yang Maha Kuasa atas segala sesuatu.”

Doa Ulang Tahun 'Barrakallah Fii Umrik' Lengkap Arab dan Artinya

Demikianlah ulasan tentang Doa Ulang Tahun 'Barrakallah Fii Umrik' Lengkap Arab dan Artinya. Semoga bermanfaat dan menjadi sebab terciptanya kebaikan. Allohu a'lam.



Bagikan: