Alhamdulillah Ala Kulli Hal - Tulisan Arab dan Artinya

Alhamdulillah Ala Kulli Hal - Tulisan Arab dan Artinya

Dalam postingan kali ini, kita akan bersama mengulas kalimat yang biasa diucapkan oleh umat muslim yaitu "alhamdulillah 'ala kulli hal". Dimana kita juga akan tahu bagaimana tulisan arab dan artinya. Sehingga bagi yang sedang mencari informasi tentang ucapan alhamdulillah ala kulli hal, maka postingan ini sudah tepat anda kunjungi.


Pada dasarnya, alhamdulillah ala kulli hal merupakan bentuk ucapan rasa syukur kepada Allah SWT dalam setiap kondisi dan keadaan. Yang mana di dalamnya terkandung pujian kepada Allah atas berbagai hal yang telah Allah berikan.

Alhamdulillah Ala Kulli Hal - Tulisan Arab dan Artinya

Tulisan Arab Alhamdulillah Ala Kulli Hal dan Artinya

Mungkin sebagian dari kita ada yang sedang mencari informasi tentang tulisan arab alhmadulillah ala kulli hal. Lantas bagaimana tulisan arab "alhamdulillah ala kulli hal"? Berikut ini adalah tulisan arab alhamdulillah ala kulli hal yang dilengkapi dengan tulisan latin dan artinya.

الْحَمْدُ لِلَّهِ عَلَى كُلِّ حَالٍ
Alhamdulillahi 'ala kulli haalin
Artinya, "Segala puji bagi Allah atas setiap keadaan".

Hadits Tentang Ucapan Alhamdulillah Ala kulli Hal

Ucapan alhamdulillah 'ala kulli hal bukan sekedar ucapan biasa. Ucapan ini merupakan ucapan Rasulullah SAW ketika melihat sesuatu yang dibenci atau tidak disukai. Di artikel sebelumnya kami telah menulis Doa Rasulullah Saat Melihat Hal yang Disuka dan Dibenci.

Dalam hadits yang diriwayatkan Ibnu Majah, bahwa ada dizikir yang diucapkan Rasulullah saat Beliau melihat sesuatu yang disukai atau melihat sesuatu yang dibenci. Berikut ini bunyi haditsnya:

عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ : كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا رَأَى مَا يُحِبُّ قَالَ: الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي بِنِعْمَتِهِ تَتِمُّ الصَّالِحَاتُ، وَإِذَا رَأَى مَا يَكْرَهُ قَالَ: الْحَمْدُ لِلَّهِ عَلَى كُلِّ حَالٍ رَبِّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ حَال أَهْلِ النَّار

Dari Aisyah, ia berkata: "Rasulullah SAW ketika melihat sesuatu yang ia senangi maka ia berkata, 'Segala puji bagi Allah yang dengan kenikmatannya kebaikan-kebaikan bisa sempurna'. Dan ketika ia melihat sesuatu yang ia benci maka ia berkata, 'Segala puji bagi Allah atas setiap hal. Yaa rabb, aku berlindung kepadamu dari tingkah laku ahli neraka.'" (HR. Ibnu Majah)

Makna Alhamdulillah Ala Kulli Hal

Sebagaimana disebutkan di atas bahwa alhamdulillah ala kulli hal merupakan ucapan dizkir yang diucapakan oleh Rasulullah SAW ketika melihat sesuatu yang dibenci atau tidak disenangi.

Ini memberi pemahaman kepada kita bahwa dalam setiap kondisi dan situasi kita harus tetap bersyukur kepada Allah SWT. Mendekatkan diri kepada Allah dan mengambil hikmah dari setiap hal yang kita lihat dan kita alami.

Sikap ini merupakan sikap yang mulia dan menjadi ciri derajat mukmin yang luhur. Sebab, tidak mudah bagi kita ketika melihat atau mengalamai situasi buruk untuk dapat bersabar dan bersukur. Kebanyakan dari kita mudah mengeluh dan lupa pada Allah SWT. Bahkan tidak jarang dari kita ada yang mengeluarkan kata-kata tidak pantas ketika melihat sesuatu yang tidak kita sukai.

Ketika kita dapat musibah, ketika kita mengalami kejadian buruk, kita harus tetap mengingat Allah. Kita harus senantiasa memuji Allah dalam setiap kondisi dan keadaan. Sebab hal tersebut akan memberikan kekuatan dan ketenangan pada diri kita. Sehingga dalam setiap kondisi apa pun kita akan senantiasa bersikap dan berfikir positif. Dan insyallah, segala urusan kita kemudian akan dimudahkan oleh Allah SWT.

Manfaat Berdzikir dan Memuji Allah SWT

Dzikir merupakan salah satu ibadah yang paling mudah. Orang yang berdzikir dan mengingat Allah akan mendapatkan pahala.

Untuk melaksanakan dzikir, kita tidak memerlukan tenaga ataupun materi yang berat. Karena dzikir hanya bermodalkan hati dan pikiran yang khusyu, dan lisan yang membacakan kalimat-kalimat dzikir bagi orang yang mampu.

Dzikir pun pada dasarnya tidak memerlukan waktu dan tempat khusus, kapan pun dan dimana pun kita bisa berdzikir kepada Allah SWT. Dan dengan berdzikir kita bisa mendapatkan pahala.

Adapun manfaat dzikir secara sederhana diantaranya:
1. Mendekatkan diri kita kepada Allah.
2. Meningkatkan kualitas keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah.
3. Menjadikan hati dan pikiran tenang, sehingga kita terbebas dari stress dan kegelisahan.
4. Memiliki pikiran yang kuat dan ingatan yang tajam.
5. Mendapat pahala karena dzikir merupakan salah satu ibadah.

Tentunya, saat berdzikir niat yang kita tekankan adalah semata-mata karena Allah Ta'ala. Artinya, apa yang kita lakukan adalah lillah, ikhlas karena Allah Ta'ala.

Demikianlah artikel tentang alhamdulillah ala kulli hal. Semoga artikel yang kami tulis ini memberi wawasan dan memudahkan kita dalam meningkatkan kualitas keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah SWT.

Bagikan: