Allahumma Antassalam Waminkassalam - Lirik dan Tulisan Arab Lengkap

Allahumma Antassalam Waminkassalam - Lirik dan Tulisan Arab Lengkap

Dalam postingan kali ini kita akan mengulas sebuah dzikir yang sudah tidak asing kita dengar dan bahkan sering kita amalkan ketika dzikir setelah shalat lima waktu, yaitu dzikir allahumma antassalam waminkassalam.


Dzikir ini tidak asing bagi umat muslim, apalagi saat ini banyak munsyid dan grup shalawat yang sudah melagukan dzikir ini sehingga terasa enak didengar dan dihayati.

Meski banyak yang sudah tidak asing, namun tidak menutup kemungkinan ada di antara kita yang baru pertama kali mendengar atau baru belajar menghafalkan dzikir allahumma antassalam waminkassalam ini. Sehingga dalam postingan kali ini kami akan memberikan sedikit ulasannya.

Allahumma Antassalam Waminkassalam - Lirik dan Tulisan Arab Lengkap

Dzikir dan Tulisan Arab Allahumma Antassalam Waminkassalam


اَللَّهُمَّ أَنْتَ السَّلاَمُ وَمِنْكَ السَّلاَمُ وَإِلَيْكَ يَعُوْدُ السَّلاَمُ فَحَيِّنَا رَبَّنَا بِالسَّلاَمِ وَأَدْخِلْنَا الْجَنَّةَ دَارَ السَّلاَمِ تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ يَا ذَالْجَلاَلِ وَالْأِ كْرَامِ
Bacaan latinnya:
Allahumma antassalam, wa minkassalam, wa ilaika ya'uudussalam, fahayyina robbana bissalam, wa adkhilnal jannata daarossalam, tabarokta robbana wa ta'aalayta, yaa dzal jalaali wal ikram.

Artinya:
"Ya Allah, Engkau adalah Dzat yang mempunyai kesejahteraan, dari-Mu kesejahteraan itu, kepada-Mu akan kembali lagi segala kesejahteraan itu, Ya Tuhan kami, hidupkanlah kami dengan sejahtera. Masukanlah kami ke dalam surga kampung kesejahteraan. Engkaulah yang berkuasa memberi berkah yang banyak dan Engkaulah Yang Maha Tinggi, wahai Dzat yang memiliki keagungan dan kemuliaan."

Lirik Lagu Dzikir Allahumma Antassalam

Di media sosial seperti di youtube, saat ini sedang populer lagu allahumma antassalam. Dimana para musnyid dan grup sholawat membuta irama dan lantunan nada yang indah untuk dzikir allahumma antassalam.

Meski liriknya singkat dan sederhana, namun banyak munsyid dan grup sholawat yang mengemasnya menjadi sangat kaya dan enak untuk didengar serta dilantunkan. Apalagi dzikir allahumma antassalam ini memiliki fadilah dan keutamaan yang besar.

Berikut ini adalah lirik lagu dzikir Allahumma Antassalam:

اللَّهُمَّ أَنتَ السَّلاَم
وَمِنْكَ السَّلاَم
 وَإِلَيْكَ يَعُوْدُ السَّلاَم
فَحَيِّنَا رَبَّنَا بِالسَّلاَم
وَأَدْخِلْنَا الجَنَّةَ دَارَالسَّلاَم

Allahumma antassalam,
wa minkassalam, 
wa ilaika ya'uudussalam, 
fahayyina robbana bissalam, 
wa adkhilnal jannata daarossalam.

Bagaimana Cara Mengamalkan Dzikir Allahumma Antassalam

Pada dasarnya, dzikir merupakan ibadah yang paling mudah. Sebab dzikir bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja. Tidak seperti sholat atau ibadah lainnya yang terikat waktu dan tempat. Selain itu dzikir tidak perlu menghabiskan tenaga yang besar karena kita hanya dituntut untuk mengingat Allah dengan melafalkan amalan-amalan dzikir yang kita kehendaki. 

Namun, beberapa amalan dzikir memiliki fadilah tertentu apabila dilakukan dengan cara-cara tertentu yang telah dianjurkan. Meskipun pada dasarnya kita diperkenankan melakukan dzikir kapan saja selagi dianggap baik dalam syariat.

Dzikir allahumma antassalam bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja. Namun alangkah lebih utama bila dzikir ini dibacakan setelah selesai melaksanakan shalat.

Bagi warga nahdliyyin, biasanya dzikir ini sudah masuk dalam paket dzikir yang biasa dibacakan setelah shalat lima waktu.

Hadits tentang Dzikir Allahumma Antassalam

Dzikir Allohumma Antassalam merupakan dzikir yang bersumber dari Baginda Nabi Muhammad SAW. Dalilnya bisa kita lihat dalam beberapa hadits, termasuk hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim,

حَدَّثَنَا دَاوُدُ بْنُ رُشَيْدٍ، حَدَّثَنَا الْوَلِيدُ، عَنِ الْأَوْزَاعِيِّ، عَنْ أَبِي عَمَّارٍ، اسْمُهُ شَدَّادُ بْنُ عَبْدِ اللهِ، عَنْ أَبِي أَسْمَاءَ، عَنْ ثَوْبَانَ، قَالَ: كَانَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، إِذَا انْصَرَفَ مِنْ صَلَاتِهِ اسْتَغْفَرَ ثَلَاثًا وَقَالَ: «اللهُمَّ أَنْتَ السَّلَامُ وَمِنْكَ السَّلَامُ، تَبَارَكْتَ ذَا الْجَلَالِ وَالْإِكْرَامِ» قَالَ الْوَلِيدُ: فَقُلْتُ لِلْأَوْزَاعِيِّ: ” كَيْفَ الْاسْتِغْفَارُ؟ قَالَ: تَقُولُ: أَسْتَغْفِرُ اللهَ، أَسْتَغْفِرُ اللهَ “

Artinya, "Rasulullah setelah selesai dari sholatnya beliau membaca istighfar 3x, lalu mengucapkan allahumma antassalam wa minkassalam tabarakta dzal jalali wal ikram." (HR Muslim)


Hikmah Berdzikir dan Mengingat Allah

Sebagaimana kita ketahui, bahwa banyak sekali hikmah yang bisa kita dapatkan dari berdzikir dan mengingat Allah. Selain dari kita mendapatkan pahala atas dzikir yang kita lakukan, kita pun akan mendapatkan ketenangan hati dan kebesaran jiwa.

Kita akan senantiasa merasakan kehadiran Allah SWT sehingga terhindar dari sifat ghoflah atau lalai akan kebesaran dan kekuasaan Allah SWT.

Oleh karena itu, dzikir memiliki banyak keuntungan. Baik keuntungan fisik maupun batin. Dan orang-orang yang mengingat Allah akan senantiasa memancarkan aura yang baik.

Namun demikian, dalam berdzikir kita hendaknya melakukannya semata-mata karena Allah SWT. Bukan karena ingin pahala, ingin ketenangan jiwa, atau ingin terlihat baik di mata manusia. Hal-hal demikian hanya buah kecil yang akan bisa dirasakan apabila dzikir yang kita lakukan ikhlas semata-mata karena Allah SWT.

Bagikan: