Allahummaghfirlahu Warhamhu: Doa Untuk Orang Meninggal Laki-laki dan Perempuan

Allahummaghfirlahu Warhamhu: Doa Untuk Orang Meninggal Laki-laki dan Perempuan

Dalam postingan ini, kita akan membahasa doa "allahummaghfirlahu warhamhu wa afihi wa fu anhu" yang merupakan doa untuk orang meninggal. Kita juga akan belajar tulisan arab dan cara mengucapkan doa untuk orang meninggal laki-laki dan perempuan, tunggal maupun jamak.

Sebagaimana kita tahu, bahwa setiap yang bernyawa pasti akan merasakan mati. Termasuk di dalamnya adalah manusia yang semuanya juga akan merasakan mati. Dengan kematian yang datang tanpa ada yang bisa menduga.

Kematian bisa datang kapan saja, kepada siapa saja dan dengan cara apa saja. Kematian tidak mengenal usia, tidak menunggu tua. Balita yang baru lahir bisa juga meninggal. Orang kaya, orang miskin, pejabat, rakyat biasa, semua tetap akan mati.

Cara seseorang mati dan meninggal dunia pun beragam, ada yang karena usia senja, ada yang karena sakit, ada yang karena kecelakaan, ada yang karena pembunuhan, bahkan ada yang tanpa sebab apa pun. Bila Allah berkehendak, maka siapa pun makhluknya akan meninggal bila sudah tiba masanya,

Oleh karena itu, kita hendaknya mempersiapkan bekal untuk kehidupan akhirat, yakni kehidupan setelah kematian. Dan untuk orang yang sudah meninggal, kita dianjurkan untuk mendoakan kebaikan dan memohonkan ampunan untuknya.

Doa allahummaghfirlahu warhamhu wa afihi wa fu anhu

Salah satu doa populer yang biasa dibaca oleh umat muslim untuk orang meninggal adalah doa allahummaghfirlahu warhamhu wa afihi wa fu anhu.

Namun bila ingin disesuaikan dengan kaidah bahasa arab yang benar, maka cara mengucapkan kata ganti orang ketiga ( dlamir gha'ib) yang kalau dalam bahasa Indonesia artinya"dia" atau "-nya" harus diperhatikan. Sebab kata ganti orang ketiga untuk laki-laki dan perempuan itu berbeda, termasuk dalam hal jumlah. Apakah yang didoakan satu orang, dua orang ataukah banyak (lebih dari dua).

Berikut kami uraikan penjelasannya,

1. Doa allahummaghfirlahu untuk laki-laki (tunggal)

Untuk laki-laki, kata ganti orang (dlamir) tetap menggunakan HU atau HI. Sebab dlomir HU dan HI ini merupakan dlomir untuk laki-laki tunggal.

Berikut ini doanya:
اَللهُمَّ اغْفِرْلَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ
Allaahummaghfir lahu warham hu wa’aafi hii wa’fu anhu
Artinya, "Ya Allah! Ampunilah almarhum (jenazah),berilah dia rahmat-mu, kesejahteraan, serta maafkanlah kesalahannya."

2. Doa allahummaghfirlaha untuk perempuan (tunggal)

Adapun untuk perempuan, kata ganti orang (dlamir) menggunakan HA. Jadi setiap dlamir yang tadinya berbunyi HU dan HI diganti menjadi HA.

Berikut ini doanya:
اَللَّهُمَّ اغْفِرْلَهَا وَارْحَمْهَا وَعَافِهَا وَاعْفُ عَنْهَا
Allaahummaghfir laha warham ha wa’aafi ha wa’fu anha
Artinya, "Ya Allah! Ampunilah almarhumah (jenazah),berilah dia rahmat-mu, kesejahteraan, serta maafkanlah kesalahannya."

3. Doa allahummaghfirlahuma untuk dua orang laki-laki, dua orang perempuan, atau dua orang yang terdiri dari satu laki-laki dan satu perempuan

Bila yang meninggal dua orang lelaki, atau dua orang perempuan, atau dua orang yang terdiri dari laki-laki dan perempuan, maka bunyi kata ganti orang (dlamir) nya menjadi HUMA atau HIMA.

Berikut ini doanya:
اَللَّهُمَّ اغْفِرْلَهُمَا وَارْحَمْهُمَا وَعَافِهِمَا وَاعْفُ عَنْهُمَا
Allaahummaghfir lahuma warham huma wa’aafi hima wa’fu anhuma
Artinya, "Ya Allah! Ampunilah (jenazah) keduanya,berilah dia rahmat-mu, kesejahteraan, serta maafkanlah kesalahan keduanya."

4. Doa allahummaghfirlahum untuk laki-laki (banyak/jamak)

Bila doa yang kita panjatkan ditujukan untuk orang meninggal yang terdiri dari lelaki yang jumlahnya lebih dari dua atau jamak, maka bunyi dlamir yang digunakan adalah HUM atau HIM. Lafadz doa ini juga bisa digunakan untuk orang meninggal berjumlah banyak yang terdiri dari laki-laki dan perempuan.

Berikut ini doanya:
اَللهُمَّ اغْفِرْلَهُمْ وَارْحَمْهُمْ وَعَافِهِمْ وَاعْفُ عَنْهُمْ
Allaahummaghfir lahum warham hum wa’aafi him wa’fu anhum
Artinya, "Ya Allah! Ampunilah para (jenazah) almarhum, berilah mereka rahmat-mu, kesejahteraan, serta maafkanlah kesalahan mereka."

5. Doa allahummaghfirlahunna untuk perempuan (banyak/jamak)

dan bila doa yang kita panjatkan ditujukan untuk jenazah perempuan yang berjumlah banyak lebih dari dua (jamak), maka bunyi dlamir yang digunakan adalah HUNNA atau HINNA.
Berikut ini doanya:
اَللهُمَّ اغْفِرْلَهُنَّ وَارْحَمْهُنَّ وَعَافِهِنَّ وَاعْفُ عَنْهُنَّ
Allaahummaghfir lahunna warham hunna wa’aafi hinna wa’fu anhunna
Artinya, "Ya Allah! Ampunilah para (jenazah) almarhumah, berilah mereka rahmat-mu, kesejahteraan, serta maafkanlah kesalahan mereka."

Itulah doa untuk orang meninggal yang disesuaikan dengan kaidah bahasa arab. Dimana kata ganti orang ketiga (dlamir gha'ib) harus diperhatikan baik dari segi jumlah maupun jenis kelamin.

Meski demikian, pada dasarnya berdoa dengan lafadz allahummaghfirlahu warhamhu wa afihi wa fu anhu boleh saja untuk laki-laki dan perempuan, tunggal atau pun jamak, dengan catatan jika kita masih awam dan dalam proses belajar. Namun bukan berarti kita tidak berusaha mempelajarinya.

Yang penting niat dan maksud doa kita dalam hati tertuju pada jenazah yang kita maksud. Dengan memohonkan ampunan, kasih sayang, dan kesejahteraan kepada Allah untuk jenazah yang kita maksud.

Allahummaghfirlahu Warhamhu: Doa Untuk Orang Meninggal Laki-laki dan Perempuan

Doa Allahummaghfirlahu Panjang dan Lengkap

Doa di atas yang kami uranikan, merupakan doa versi pendek dan singkat. Namun, doa di atas sebenarnya memiliki versi yang lebih panjang dan lengkap.

Dianjurkan bagi umat muslim untuk mampu mengetahui doa dengan redaksi yang lebih panjang. Sebab doa ini biasa dibaca dalam shalat jenazah saat takbir ketiga. Berikut ini adalah doa allahummaghfirlahu yang redaksinya panjang dan lengkap:
اَللهُمَّ اغْفِرْلَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ وَاَكْرِمْ نُزُلَهُ وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ وَاغْسِلْهُ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرْدِ وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ اْلاَبْيَضُ مِنَ الدَّنَسِ وَاَبْدِلْهُ دَارًاخَيْرًا مِنْ دَارِهِ وَاَهْلاً خَيْرًا مِنْ اَهْلِهِ وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ وَاَدْخِلْهُ الْجَنَّةَ وَاَعِذْهُ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَفِتْنَتِهِ وَمِنْ عَذَابِ النَّارِ
Bacaan latin:
Allaahummaghfir lahu warham hu wa’aafi hii wa’fu anhu wa akrim nuzula hu wa wassi’ madkhola hu waghsil hu bilmaai wats-tsalji walbarodi wanaqqi hi minal khothooyaa kamaa yunaqqots tsaubul abyadlu minaddanasi wa abdil hu daaron khoiron min daari hi wa ahlan khoiron min ahli hi wazaujan khoiron min zaoji hi wa adkhil hul jannata wa ‘aidz hu min ‘adzaabil qobri wa fitnati hi wa min ‘adzaabin naar.

Artinya:
"Ya Allah, ampunilah, rahmatilah, sejahterakan dan maafkanlah dia. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah jalan masuknya, cucilah dia dengan air yang jernih lagi sejuk, dan bersihkanlah dia dari segala kesalahan bagaikan baju putih yang bersih dari kotoran, dan gantilan rumahnya dengan rumah yang lebih baik daripada yang ditinggalkannya, dan keluarga yang lebih baik, dari yang ditinggalkan, serta istri yang lebih baik dari yang ditinggalkannya pula. Masukkanlah dia ke dalam surga, dan lindungilah dari siksanya kubur serta fitnah nya, dan dari siksa api neraka."

Bagikan: