Bismika Allahumma Ahya Wa Amut: Bacaan Doa Sebelum Tidur dan Artinya

Bismika Allahumma Ahya Wa Amut: Bacaan Doa Sebelum Tidur dan Artinya

Pada postingan sebelumnya, kami telah membahas amalan dan doa sebelum tidur. Adapun postingan tersebut dapat dilihat di link berikut: Doa dan Amalan Singkat Sebelum Tidur


Dan di postingan kali ini, kami akan mengulas kembali bacaan doa sebelum tidur "bismika allahumma ahya wa amut" dan menyajikan tulisan arab, latin dan artinya.

Bismika Allahumma Ahya Wa Amut: Bacaan Doa Sebelum Tidur dan Artinya

Bacaan Doa Sebelum Tidur, Bismika Allahumma Ahya Wa Amut

Di pencarian google, muncul pertanyaan pada keywod sugestion yang bunyinya bismika allahumma ahya wa amut itu bacaan doa apa? Maka jawabannya adalah doa sebelum tidur.

Jadi ketika kita hendak tidur, maka alangkah baiknya kita berdoa. Dan doanya adalah doa bismika allahumma ahya wa amut. Adapun tulisan arab, latin dan artinya adalah sebagai berikut:

بِاسْمِكَ اللَّهُمَّ أَحْيَا وَأَمُوتُ
Bacaan latinnya:
Bismika Allaahumma ahyaa wa amuutu. 

Artinya:
"Dengan menyebut nama-Mu ya Allah, aku hidup dan mati." (HR. Bukhari)
 

Hadits Tentang Bacaan Doa Sebelum Tidur

Adapun di antara hadits yang memuat doa sebelum tidur adalah hadits yang diriwayatkan dalam Shahih Bukhari,

كَانَ رَسُولُ اللهِ صلى الله عليه وسلم إِذَا أَوَى إِلَى فِرَاشِه قال: بِاسْمِكَ اللَّهُمَّ أَحْيَا وَأَمُوتُ وَإِذَا اسْتَيْقَظَ قَالَ: الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي أَحْيَانَا بَعْدَ مَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُورُ

Artinya, "Apabila beristirahat di peraduannya, Rasulullah selalu mengucapkan doa, 'Dengan menyebut asma-Mu, ya Allah, aku hidup dan mati.' Dan apabila beliau terbangun dari tidurnya mengucapkan, 'Segala puji bagi Allah Swt Yang telah menghidupkan kami sesudah mematikan kami, dan hanya kepada-Nyalah (kami) dikembalikan.'" (HR. Bukhari)

Hikmah Berdoa Sebelum Tidur

Tidur merupakan istirahat alami yang menjadi rutinitas manusia sehari-hari. Kebanyakan manusia menghabiskan sepertiga hidupnya untuk tidur.

Dalam keadaan tidur, kita akan mengalami suatu kondisi dimana kita hilang kesadaran. Kita tidak akan mengingat lagi apa yang telah terjadi dan kita tidak tahu apa sedang terjadi saat kita tidur. Banyak hal yang mungkin terjadi tanpa kita sadari saat kita lelap.

Namun demikian, bagi manusia tidur merupakan hal penting. Sebab dengan tidur kita bisa mengistirahatkan tubuh dan pikiran kita. Tubuh yang lelah bisa rehat dan mengalami relaksasi setelah menjalani berbagai aktifitas sebelumntya. Selain itu, pikiran pun mengalami relaksasi, berbagai hal yang menguras pikiran akan terlupakan sejenak, sehingga otak mengalami istirahat.

Faktor keamanan dan kenyamanan saat hendak tidur harus diperhatikan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. 

Saat hendak tidur kita hendaknya berdoa kepada Allah dan berserah diri, sebab Allah yang telah memberi kehidupan dan Allah pula yang memberi kematian.

Hikmah ketika kita berdoa sebelum tidur ada banyak, namun diantaranya adalah bahwa saat kita berdoa itu artinya kita sedang beribadah kepada Allah. Sebab dzikir dan doa merupakan ibadah. Ada pahala yang kita dapat ketika kita berdoa dan mengingat Allah.

Selain itu, dengan berdoa kita dapat memiliki ketenangan jiwa dan ketentraman hati. Sehingga kita bisa lebih mudah dan lebih nyaman untu tidur. Sebab tidak sedikit orang yang mengalami kesulitan untuk tidur karena stress dan banyak pikiran.

Doa Setelah Bangun Tidur

Selain berdoa sebelum tidur, ada pula doa sesudah bangun tidur. Jadi setalah bangun dari tidur, kita pun dituntut untuk berdoa. Adapun doanya adalah sebagaimana yang telah disebutkan dalam hadits di atas seperti berikut,

الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي أَحْيَانَا بَعْدَ مَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُورُ
Bacaan Latinnya:
Alhamdulillahilladzi ahyaana ba'da maa amaatanaa wa ilaihin nusyuur.

Artinya:
"Segala puji bagi Allah Swt Yang telah menghidupkan kami sesudah mematikan kami, dan hanya kepada-Nyalah (kami) dikembalikan."

Demikianlah ulasan singkat tentang doa sebelum dan sesudah bangun tidur. Semoga Allah SWT memberikan kemudahan kepada kita untuk senantiasa memperbaiki diri dan mengamalkan tuntunan keislaman.

Bagikan: