Doa Allahumma Bariklana dan Artinya - Tulisan Arab Latin Lengkap

Doa Allahumma Bariklana dan Artinya - Tulisan Arab Latin Lengkap

Apakah kamu sedang mencari doa allahumma bariklana dan artinya? Bila benar, maka kamu sudah tepat mengunjungi postingan ini.

Doa allahumma bariklana dan artinya cukup banyak dicari oleh pengguna internet, khususnya umat muslim yang sedang berselancar di dunia maya. Hal ini dibuktikan dari analisis google trend, dimana doa allahumma bariklana dan artinya memiliki trafik pencarian cukup tinggi.


Doa Allahumma Bariklana dan Artinya - Tulisan Arab Latin Lengkap

Tulisan Arab Doa Allahumma Bariklana dan Artinya

Bagaimana tulisan arab doa allahumma bariklana? Berikut adalah tulisan arabnya:
اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا
Bacaan latinnya:
Allahumma baarik lana

Artinya:
"Ya Allah, berkahilah kami."

Penjelasan Doa Allahumma Bariklana

Secara bahasa, doa allahumma baarik lana artinya "Ya Allah berkahilah kami". Melalui doa ini kita memohon kepada Allah SWT untuk diberikan keberkahan.

Berkah sendiri artinya adalah ziadatul khair atau tambahan kebaikan. Sehingga ketika kita memohon keberkahan, itu artinya kita memohon tambahan kebaikan.

Allahumma bariklana merupakan doa yang pernah diucapkan oleh baginda Nabi. Hal ini bisa dilihat pada beberapa hadits yang di dalamnya memuat doa dengan ucapan allahumma baarik lana. Misalnya doa sebelum makan.

Doa-Doa yang Dimulai dengan Allahumma Bariklana

Ada banyak doa yang dimulai dengan allahumma baarik lana. Baik itu doa yang matsur dari Nabi Muhammad SAW, maupun doa-doa ghair matsur yang populer di kalangan umat islam. Namun disini, kami akan mencantumkan beberapa diantaanya, sebagaimana berikut:

1. Doa sebelum makan

الَّلهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيمَا رَزَقْتَنَا، وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ
Allahumma baarik llanaa fiima razaqtanaa waqinaa adzaa ban-naar.

Artinya, "Ya Allah, berkahilah rezeki yang engkau berikan kepada kami, dan peliharalah kami dari siksa api neraka"

2. Doa Mohon Keberkahan bulan Rajab, Syaban dan bisa Menjalani Bulan Ramadhan

اللَّهُمَّ بارِكْ لَنا في رَجَبَ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنا رَمَضَانَ
Allahumma baarik lana fii rojaba wa sya'bana wa ballighna romadloona

Artinya, "Ya Allah berkahilah kami pada bulan Rajab dan Sya’ban. Sampaikanlah kami pada bulan Ramadhan."

3. Doa Mohon Kebekahan Keturunan

اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ الْعَافِيَةَ فِى الدُّنْيَا وَالآخِرَةِ رَبِّ اغْفِرْلِيْ وَلِوَالِدَيَّ (خمسا) وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِيْ صَغِيْرًا. اَللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْ ذُرِّيَّاتِنَا وَلَا تَضُرَّهَمْ وَوَفِّقْنَا وَوَفِّقْهُمْ لِطَاعَتِكَ وَارْزُقْنَا بِرَّهُمْ
Allohumma inni as-alukal ‘aafiyata fid dunyaa wal aakhiroh, robbighfirlii wa liwaalidayya (lima kali) warhamhumaa kamaa robbayaanii shoghiiroo. Allohumma baarik lanaa fii dzurriyyaatinaa walaa tadhurrohum wa waffiqnaa wa waffiqhum li thoo-‘atika warzuqnaa birrohum.

Artinya: "Ya Allah, aku memohon kepada-Mu afiyah (keselamatan) di dunia dan akhirat. Wahai Tuhanku, ampunilah aku dan kedua orang tuaku dan kasihanilah mereka sebagaimana mereka merawatku ketika aku masih kecil. Ya Allah, berkahilah kami di dalam keturunan kami dan janganlah Engkau menimpakan bahaya kepada mereka, berilah pertolongan kepada kami dan berilah pertolongan kepada mereka untuk taat kepada-Mu, dan berilah kami rizeki kebaikan mereka."

Demikianlah ulasan singkat kami tentang doa allahumma baariklana, tulisan arab dan artinya. Semoga dapat bermanfaat serta memudahkan kita semua dalam menapaki jalan kebaikan.

Bagikan: