Allahumma Bariklana Fima Rozaktana | Doa Sebelum Makan dan Artinya

Allahumma Bariklana Fima Rozaktana | Doa Sebelum Makan dan Artinya

Makan merupakan salah satu kebutuhan wajib bagi umat manusia. Sebab tanpa makan, setiap manusia akan menjadi kelaparan, mengalami kondisi lemah dan bisa berujung pada kematian.


Hanya saja tidak semua orang bisa mencicipi makanan sebagaimana mestinya. Terkadang, ada di antara kita yang kesulitan untuk mendapatkan makanan. Oleh karena itu, bagi orang-orang yang dimudahkan untuk mendapatkan makanan hendaknya senantiasa bersyukur. Salah satu bentuk syukur adalah dengan berdoa kepada Allah ketika sebelum maupun sesudah makan.


Adapun sebelumnya, kami sudah membahas doa sebelum dan sesudah makan: Doa Sebelum dan Sesudah Makan


Allahumma Bariklana Fima Rozaktana | Doa Sebelum Makan dan Artinya


Doa Sebelum Makan Allahumma Bariklana Fima Rozaktana

Sebelum makan, hendaknya kita membiasakan membaca bismillah. Kemudian berdoa sebagaimana yang menjadi tuntunan dalam ajaran islam. Diantara doa sebelum akan adalah doa allahumma bariklana fima rozaktana. Adapun doa dan tulisan arab lengkapnya adalah sebagai berikut:

 

الَّلهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيمَا رَزَقْتَنَا، وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Bacaan latinnya:

Allohumma barrik lana fiima rozaktana waqina adzabannar.


Artinya:

"Ya Allah berkahilah kami atas rejeki yang telah Engkau beri, dan jagalah kami dari siksa api neraka."

Sebagaimana kita perhatikan, doa ini bermakna bahwa kita memohon keberkahan dari apa yang telah Allah karuniakan. Sebab keberkahan dalam rejeki adalah salah satu hal yang utama. Rejeki yang berkah akan membawa pada kebaikan. Sedangkan rejeki yang tidak berkah memberikan ketidaktenangan dan tidak banyak memberi manfaat.

Sebagaimana halnya rejeki yang diperoleh dari hasil kejahatan, maka rejeki tersebut hanya akan membawa pada kemadaratan. Orang yang menikmatinya tidak akan diberi ketenangan.

Doa Sesudah Makan

Selain sebelum makan, kita pun hendaknya berdoa sesudah makan. Agar apa yang telah kita makan menjadi kebaikan dan tidak membuat kita lalai kepada Allah SWT. Selain itu, berdoa sesudah makan merupakan ciri rasa syukur kita kepada Allah atas nikmat yang telah diberikan. Baik itu nikmat makanan dan minuman, maupun nikmat iman dan islam.

Berikut ini adalah salah satu doa (dzikir) yang dibaca sesudah makan:

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِيْ اَطْعَمَنَا وَسَقَانَا وَجَعَلَنَا مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ
Bacaan latinnya:
Alhamdu lillahilladzi ath'amana wa saqoona waj'alna minal muslimin.

Artinya:
"Segala puji bagi Allah yang telah memberi kami makanan dan minuman dan menjadikan kami bagian dari orang-orang islam."

Hikmah Berdoa Sebelum dan Sesudah Makan

Kenapa kita perlu berdoa sebelum dan sesudah makan? Jawabannya sederhana. Bahwa pada dasarnya kita berdoa semata-mata lillah artinya karena Allah SWT.

Allah SWT memerintahkan hamba-hamba-Nya untuk berdoa. Sebagaimana firman Allah SWT dalam al-Qur'an surat al-Ghafiir ayat 60,

(وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ ۚ إِنَّ الَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِي سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ)

Artinya: 
Dan Tuhanmu berfirman: “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka jahannam dalam keadaan hina dina. (QS. al-Ghafir: 60)

Kita bedoa sebelum dan sesudah makan, kebaikannya untuk kita sendiri. Bahwa ketika kita berdoa maka kita akan mendapat pahala. Sebab berdoa merupakan salah satu ibadah seorang hamba kepada Rabb-nya. Jadi ketika seorang hamba yang berdoa, maka ia sudah dicatatkan pahala kebaikan.

Selain itu, kita pun mendapat kesempatan adanya ijabah dari Allah SWT atas apa yang kita minta. Diantaranya adalah ketika kita memohon keberkahan melalui doa sebelum makan, maka insyallah kita akan mendapatkan keberkahan tersebut.

Berkah sendiri menurut bahasa adalah ziyadatul khair yang artinya tambahan kebaikan. Sehingga ketika kita makan, lantas memohon keberkahan, artinya kita memohon tambahan kebaikan dari apa yang kita makan, dari rejeki yang telah Allah karuniakan. Yang akhirnya, kebaikan dari makanan yang kita makan tidak ada habisnya dari sisi berkah.

Oleh sebeb itu, hendaknya kita tidak lupa untuk berdoa baik sebelum maupun sesudah makan.

Demikian artikel ini kami bua, semoga memberikan wawasan dan kemanfaatan bagi kita semua. Dan memudahkan kita dalam ikhtiar memperbaiki diri dan meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT.

Bagikan: