Ketika Amalan Bismillah Menyelamatkan Seorang Istri dari Fitnah

Ketika Amalan Bismillah Menyelamatkan Seorang Istri dari Fitnah

Kisah ini diceritakan oleh Syaikh Nawawi al-Bantani dalam kitab Uqud al-Lujain fi bayaani huquuqi al-Zawjain tentang berkah dan keutamaan amalan bismillah.

Syaikh Nawawi mengungkap bahwa sesungguhnya bismillah memiliki banyak berkah. Barang siapa yang membaca bismallah maka ia akan memperoleh apa yang diinginkan. Barang siapa yang membiasakan membaca basmallah maka ia akan mendapat penerimaan (atas hajatnya).

Ketika Amalan Bismillah Menyelamatkan Seorang Istri dari Fitnah

Amalan Bismillah Menyelamatkan Seorang Istri dari Fitnah

Dikisahkan, ada seorang perempuan yang memiliki suami munafik. Perempuan ini memiliki kebiasaan membaca bismillah untuk segala hal dalam setiap ucapan dan perbuatannya.

Suatu ketika suaminya yang munafik berencana untuk mempermalukannya. Dia berkata, "aku akan melakukan sesuatu yang akan membuatnya malu".

Hingga kemudian ia menyerahkan sebuah bungkusan kepada istrinya, dan berkata padanya, "jagalah bungkusan ini!"

Istrinya itu kemudian menyimpan bungkusan yang diberikan suaminya itu di suatu tempat, dan menutupnya dengan baik.

Kemudian pada suatu waktu sang suami membuat si istri lengah, dan mengambil bungkusan itu secara diam-diam hingga melemparnya ke sumur yang ada di rumahnya. Setelah itu, sang suami meminta bungkusan itu kepada istrinya.

Tanpa curiga istrinya kemudian beranjak ke tempat dimana ia menaruh bungkusan itu. Dia membaca, "bismillahirrahmanirrahim.."

Seketika Allah SWT memerintah malaikat Jibril untuk segera turun dan mengembalikan bungkusan ke tempatnya semula.

Si perempuan ini menjulurkan tangannya untuk mengambil bungkusan, dan ia menemukan bungkusannya sebagaimana ia menaruhnya semula.

Ia mengambil bungkusan itu dan membawa kepada suaminya.

Betapa terkejutnya sang suami dengan keterkejutan yang sangat luar biasa. Kejadian ini membuatnya bertaubat kepada Allah SWT dari perilaku munafiknya.

(Kisah ini disarikan dari kitab Uqudu al-Lujain yang disusun oleh Syaikh Nawawi al-Bantani di halaman pembuka)


Hikmah Membaca Bismillah yang Terkadung dalam Kisah

Dari kisah di atas, kita bisa mengambil hikmah untuk senantiasa membaca bismillah sebelum melakukan berbagai hal, khususnya dalam perbuatan-perbuatan yang dianggap baik. Sebab membaca bismillah merupakan tuntunan baginda Nabi Muhammad SAW. Dalam hadits diriwayatkan:

كُلُّ أَمْرٍ ذِي بَالٍ لاَ يَبْدَأُ فِيْهِ بِبِسْمِ اللَّهِ فَهُوَ أَبْتَرُ

Artinya, "segala urusan penting yang tidak dimulai dengan bismillah maka akan berkurang (atau bahkan hilang) keberkahannya" (HR. Ibnu Hibban).

Selain itu, membaca bismillah juga akan menghindarkan kita dari hal-hal yang buruk. Ini karena dengan membaca bismillah kita memiliki sugesti dan semangat yang baik, hati kita menjadi tentram dan pikiran kita menjadi tenang.

Setiap hal buruk akan menjauh dengan sebab membaca bismillah, tentunya dengan izin Allah SWT. Dalam hadits juga diriwayatkan:

مَنْ قَالَ بِسْمِ الله الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ كُتِبَ اسْمُهُ مِنَ الأبْرَارِ وَبرِىءَ مِنَ الكُفْرِ والنفاقِ

Artinya, "Siapa yang membaca bismillahirrahmanirrahim maka namanya akan ditulis sebagai orang-orang yang baik dan terbebas dari kekufuran dan kemunafikan."

Demikianlah postingan tentang, Amalan Bismillah Menyelamatkan Seorang Istri dari Fitnah. Semoga kita semua mendapatkan hikmah dari kisah ini dan menjadikan kita pribadi yang lebih baik dengan mengamalkan bismillah.

Bagikan: