Bahasa Arab Sama-Sama - Jawaban Ucapan Terima Kasih Lengkap!

Bahasa Arab Sama-Sama - Jawaban Ucapan Terima Kasih Lengkap!

Dalam postingan yang lalu, santripedia pernah membahas tentang bahasa arab ucapan terima kasih. Dimana ada berbagai kalimat ucapan terima kasih dalam bahasa arab yang bisa kita gunakan ketika kita ingin mengungkapkan rasa syukur kita atas kebaikan yang telah diberikan oleh orang lain.

Diantara ucapan-ucapan terima kasih tersebut misalnya adalah kata شُكْرًا (syukran) yang artinya terima kasih atau شُكْرًا كَثِيْرًا (syukran katsiran) yang artinya terima kasih banyak.

Selain itu, dalam islam ada pula ucapan terima kasih yang berbentuk doa misalnya dengan mengucapkan جَزَاكَ اللهُ خَيْرًا (jazaakallahu khairan) yang artinya terimakasih/ semoga allah membalas kebaikanmu.

Nah ketika kita sudah tahu bagaimana cara mengucapkan terima kasih dalam bahasa arab, lantas bagaimana cara mengucapkan sama-sama dalam bahasa arab?

Bahasa Arab Sama-Sama - Jawaban Ucapan Terima Kasih


Bahasa Arab Sama-Sama (Balasan Ucapan Terima Kasih)

Terdapat beberapa macam ucapan sama-sama dalam bahasa arab yang bisa kita gunakan ketika membalas ucapan terima kasih. Diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Afwan

عَفْوًا

Secara bahasa, afwan sebenarnya memiliki arti maaf. Namun dalam penggunaanya, afwan justru biasa digunakan ketika menjawab terima kasih. Dan ini merupakan ucapan yang familiar digunakan oleh orang arab ketika mengucapkan sama-sama.

Mengapa afwan (maaf) digunakan untuk membalas terima kasih? Hal ini mungkin berkaitan dengan sikap kerendahan hati. Dimana ketika ada orang mengucapkan terima kasih kepada kita, maka kita balas dengan maaf. Maksudnya maaf hanya bisa membantu seadanya, maaf hanya itu yang bisa saya berikan/lakukan, dll.

Walau demikian, pada akhirnya ketika afwan diartikan ke dalam bahasa indonesia dalam kontek ucapan terima kasih, maka afwan artinya adalah "sama-sama".

Contoh percakapan:

A: شُكْرًا كَثِيْرًا يَا أَخِي

(Terima kasih saudaraku..)

B: عَفْوًا

(Sama-sama)


2. Syukran

شُكْرًا

Selain afwan, mengucapkan sama-sama untuk menjawab terima kasih dalam bahasa arab bisa juga dengan mengucapkan syukron kembali. 

Jadi ketika ada yang mengucapkan syukran kepada kita, maka kita bisa membalas mengucapkan syukran kembali.

Contoh percakapan:

A: شُكْرًا كَثِيْرًا يَا أَخِي

(Terima kasih saudaraku..)

B: شُكْرًا

(Sama-sama)


3. Asy-Syukru Lillah

Ucapan sama-sama selanjutnya adalah asy-syukru lillah.

الشُّكْرُ لِلَّه

Secara bahasa, asy-syukru lillah berarti terima kasih/bersyukur kepada Allah. Maksudnya adalah ketika ada orang yang yang mengucapkan terima kasih kepada kita, maka kita serahkan terima kasih itu kepada Allah. Karena hakikatnya semua kebaikan kita adalah atas izin Allah SWT.

Namun secara sederhana, asy-syukru lillah dalam konteks pembicaraan bisa berarti sama-sama.

Contoh percakapan:

A: شُكْرًا كَثِيْرًا يَا أَخِي

(Terima kasih saudaraku..)

B: الشُّكْرُ لِلَّه

(Sama-sama)


4. Wa iyyaka, Wa iyyaki, Wa iyyakum

Ucapan sama-sama dalam bahasa arab juga bisa dengan mengucapkan wa iyyaka (وَإِيَّاكَ), wa iyyaki (وَإِيَّاكِ), wa iyyakum (وَإِيَّاكُمْ). Secara bahasa arti dari ucapan-ucapan tersebut adalah "dan semoga untukmu". 

Ucapan ini bisa digunakan ketika menjawab doa jazakallahu khairan.

wa iyyaka (وَإِيَّاكَ)

Ucapan wa iyyaka (وَإِيَّاكَ) digunakan untuk mengucapkan sama-sama pada seorang laki-laki. Hal ini bisa kita lihat dari huruf paling akhirnya berbunyi "ka".

wa iyyaki (وَإِيَّاكِ)

Ucapan wa iyyaki (وَإِيَّاكِ) digunakan untuk mengucapkan sama-sama pada seorang perempuan. Hal ini bisa kita lihat dari huruf paling akhirnya berbunyi "ki".

wa iyyakum (وَإِيَّاكُمْ)

Ucapan wa iyyakum (وَإِيَّاكُمْ) digunakan untuk mengucapkan sama-sama pada orang banyak. Hal ini bisa kita lihat dari huruf paling akhirnya berbunyi "kum".

Contoh percakapan:

A: جَزَاكَ اللهُ خَيْرًا

(Semoga Allah membalasmu dengan kebaikan..)

B: وَإِيَّاكَ

(Sama-sama)


Pada dasarnya semua ucapan di atas memiliki makna sama-sama jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Hanya mungkin yang paling banyak dan umum digunakan adalah dengan mengucapkan afwan (عَفْوًا). Setelahnya bisa menggunakan syukran (شُكْرًا) kembali.

Adapun  wa iyyaka (وَإِيَّاكَ), wa iyyaki (وَإِيَّاكِ), wa iyyakum (وَإِيَّاكُمْ) bisa kita gunakan kepada orang yang mengucapkan jazakallahu khairan dan kata-kata terima kasih lainnya yang berbentuk doa.

Demikian artikel tentang bahasa arabnya sama-sama, atau ucapan sama-sama dalam bahasa arab sebagai jawaban dan balasan ucapan terima kasih. Semoga artikel ini bermanfaat dan memberi kita kemudahan dalam mempelajari bahasa arab.

Penulis: Ang Rifkiyal

Bagikan: