Bacaan Doa Sujud: Subhana Rabbiyal A'la Wabihamdih - Arab dan Artinya

Bacaan Doa Sujud: Subhana Rabbiyal A'la Wabihamdih - Arab dan Artinya

Dalam postingan ini santripedia akan membahas tentang bacaan doa sujud atau bacaan dzikir yang dibaca ketika sedang sujud dalam sholat.

Sebagaimana kita ketahui bahwa saat sholat, salah satu gerakan yang harus dilakukan adalah sujud. Sujud merupakan suatu gerakan menundukan badan ke bawah dimana anggota sujud (jidat, dua telapak tangan, dua dengkul kaki dan jari-jari kaki) menempel pada lantai. Sehingga posisi kepala lebih rendah daripada posisi bokong.

Sujud dalam sholat merupakan rukun fa'liy, artinya sesuatu gerakan dalam sholat yang wajib dilakukan. Sholat tanpa melakukan gerakan sujud maka tidak sah kecuali dalam sholat jenazah. Karena dalam sholat jenazah tidak ada gerakan sujud dan rukuk.

Bacaan Doa Sujud: Subhana Rabbiyal A'la Wabihamdih - Arab dan Artinya

Bagaimana Bacaan Doa Sujud dalam Sholat?

Adapun bacaan ketika sujud dalam sholat adalah sebagai berikut:

سُبْحَانَ رَبِّيَ الْأَعْلَى وَبِحَمْدِهِ‎

Subhaana rabbiyal a'la wa bihamdihi

Artinya, "Maha Suci Rabb-ku Yang Maha Tinggi, dan memujilah aku kepada-Nya".

Berapa Kali Bacaan Subhana Robbiyal A'la wa Bihamdihi Dibaca dalam Sujud?

Sebagaimana dijelaskan Syaikh Nawawi al-Bantani dalam Nihayatu Az-Zain, bahwa lafal bacaan Subhaana rabbiyal a'la wa bihamdihi dapat dibaca 1 kali ketika sujud. Membacanya sebanyak 1 kali tetap dihitung sebagai sunnah. Namun yang lebih sempurna adalah membacanya sebanyak 3 kali dalam setiap sujud.

Tapi bagi orang yang melaksanakan sholat sendiri atau sholat berjamaah dengan makmum yang sudah ridho untuk untuk memanjangkan sujud, maka bacaan sujud subhana robbiyal a'la wa bihamdihi bisa dibaca sebanyak 5 kali, 7 kali, 9 kali atau paling banyak 11 kali. Dan itu lebih utama.

Hukum Membaca Subhana Robbiyal A'la wa Bihamdihi?

Hukum membaca subhana robbiyal a'la wa bihamdihi dalam sujud adalah sunnah. Artinya, melaksanakan sujud tanpa membaca bacaan apa pun tetap dianggap sah dalam sholat. Namun dengan tidak membaca bacaan sujud, kita tidak mendapat pahala sunnah membaca doa dalam sujud.

Adakah Bacaan Doa Sujud Selain Subhana Rabbiyal a'la wa Bihamdihi?

Lafal bacaan sujud subhaana rabbiyal a'la wa bihamdihi merupakan lafal bacaan yang paling umum dibaca oleh umat muslim ketika sujud dalam sholat. Namun, ada bacaan lainnya yang bisa kita tambahkan saat sedang sujud. Diantaranya adalah doa-doa sebagaimana disebutkan Syaikh Nawawi al-Bantani dalam Nihayatuz Az-Zain:

Pertama:

 اَللَّهُمَّ لَكَ سَجَدْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَلَكَ أَسْلَمْتُ، سَجَدَ وَجْهِي لِلَّذِي خَلَقَهُ وَصَوَّرَهُ وَشَقَّ سَمْعَهُ وَبَصَرَهُ بِحَوْلِهِ وَقُوَّتِهِ، تَبَارَكَ اللهُ أَحْسَنُ الْخَالِقِينَ‎

Allahumma laka sajad-tu wa bika aamantu wa laka aslam-tu. Sajada wajhii lilladzii khalaqohuu wa shawwarohuu wa syaqqo sam’ahuu wa basharahuu bi haulihi wa quwwatihi, tabaarokallahu ahsanul kholiqiin.

Artinya, "Ya Allah, kepada-Mu lah aku bersujud, kepada-Muaku beriman dan kepada-Mu lah aku menyerahkan diriku. Dan Engkaulah Rabb-ku. Wajahku bersujud kepada Dzat yang telah menciptakan dan membentuknya, maka baikkanlah bentuknya. Dan Yang telah menjadikan diriku mendengar dan melihat. Maka Maha Suci Allah, sebaik-baiknya pencipta".

Kedua:

سُبُّوحٌ قُدُّوسٌ، رَبُّ الْمَلَائِكَةِ وَالرُّوحِ‎

Subbuhun quddusun rabbul malaa-ikati war ruuh.

Artinya, "Maha Suci, Maha Qudus (Maha Mulia), Rabb-nya para Malaikat dan Ruh".

Ketiga:

اللهُمَّ اغْفِرْ لِي ذَنْبِي كُلَّهُ دِقَّهُ، وَجُلَّهُ، وَأَوَّلَهُ وَآخِرَهُ وَعَلَانِيَتَهُ وَسِرَّه‎ُ

Allahummaghfir lii dzanbii kullahu diqqahu wa jullahu wa awwalahu wa aakhirohu wa ‘alaaniyatahu wa sirrohu.

Artinya, "Ya Allah, ampunilah seluruh dosaku, yang sekecil-kecilnya dan yang sebesar-besarnya, yang pertama dan yang terakhir, yang terang-terangan dan yang tersembunyi."

Keempat:

 اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِرِضَاكَ مِنْ سَخَطِكَ وَبِعَفْوِكَ مِنْ عُقُوبَتِكَ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْكَ لاَ أُحْصِى ثَنَاءً عَلَيْكَ أَنْتَ كَمَا أَثْنَيْتَ عَلَى نَفْسِكَ

Allahumma inni a'uudzu biridlooka min sakhootika wa bi 'afwika min uquubatika wa a'uudzubika minka la uhshi tsanaa-an 'alayka anta kama atsnayta 'ala nafsika.

Artinya, "Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dengan ridha-Mu dari murka-Mu. Aku berlindung kepada-Mu dengan ampunan-Mu dari hukuman siksa-Mu. Dan, aku berlindung kepada-Mu dari-Mu. Aku tidak mampu menghitung pujian atas-Mu sebagaimana pujian-Mu sendiri atas diri-Mu."

Demikianlah pembahasan singkat tentang bacaan doa ketika sujud dalam sholat. Semoga tulisan ini bermanfaat dan dapat berguna untuk kebutuhan ibadah umat muslim khususnya yang ada di indonesia.

Bagikan: