Alhamdulillah wa Syukurillah - Lirik Tulisan Arab dan Artinya

Alhamdulillah wa Syukurillah - Lirik Tulisan Arab dan Artinya

Salah satu ucapan syukur yang kerap diucapkan oleh umat muslim adalah kata alhamdulilah wa syukurillah. Kata ini merupakan kalimat pujian sebagai rasa syukur kasih kepada Allah atas berbagai nikmat yang telah diberikan.

Dalam postingan ini, secara khusus santripedia akan mengulas tentang lirik alhamdulilah wa syukurillah secara lengkap, baik tulisan arab maupun artinya.

Alhamdulillah wa Syukurillah - Lirik Tulisan Arab dan Artinya


Tulisan Alhamdulilah wa Syukurillah yang Benar, Arab dan Latinnya

Di pencarian google, muncul saran pencarian dengan kata kunci alhamdulilah wa syukurillah. Hal ini terjadi karena cukup banyak pencarian di google dengan menggunakan kata kunci ini.

Namun sebenarnya pengucapan yang benar bukan alhamdulilah wa syukurillah, tetapi alhamdulilah wa syukru lillah. Perhatikan kata syukur dan syukru, yang benar sesuai dengan kaidah bahasa arab adalah kata syukru. Sehingga ketika digabung, bukan syukurillah tetapi syukru lillah.

Adapun tulisan arabnya adalah sebagai berikut:

الْحَمْدُ لِلّٰهِ وَالشُّكْرُ لِلّٰهِ

Alhamdulillah wa syukru lillah

Artinya, "Segala puji hanya bagi Allah dan segala syukur hanya kepada Allah".


Makna Alhamdulilah wa Syukru Lillah

Secara bahasa, setiap lafadz yang ada dalam kalimat alhamdulilah wa syukru lillah adalah sebagai berikut,

 الْحَمْدُ = Segala puji

لِلّٰهِ = Bagi Allah

وَ = dan

الشُّكْرُ = Segala syukur

لِلّٰهِ = Kepada Allah

Dari kalimat tersebut kita mendapati kata al-hamdu yang artinya pujian, dan asy-syukru yang artinya syukur. Keduanya disandarkan pada kata lillah yang artinya bagi Allah.

Dikutip dari Irtaqi.net, bahwa al-hamdu (الحمد) itu bermakna menyanjung seseorang karena sifat baiknya. Adapun asy-syukru (الشكر), maknanya adalah menghargai kebaikan dan jasa orang lain baik diungkapkan dengan lisan maupun perbuatan. Dengan pengertian singkat ini, al-hamdu boleh diterjemahkan "pujian" sementara asy-syukru boleh diterjemahkan "berterima kasih".

Pada dasarnya pujian dan terimakasih adalah milik Allah SWT. Karena Allahlah segala kebaikan terjadi atau bisa dimiliki oleh seorang hamba. Segala apa yang telah Allah anugrahkan kepada hamba-Nya adalah bukan semata-mata karena kebetulan, melainkan sudah merupakan ketentuan dari Allah SWT. Oleh karena itu, pujian dan syukur hendaknya dikembalikan kepada Allah SWT. Karena pada dasarnya Allah adalah yang memiliki segala kesempurnaan.

Demikianlah pembahasan tentang ucapan alhamdulillah wa syukrulillah. Semoga bermanfaat untuk kita semua. Amin ya rabb. Wallahu a'lam.

Bagikan: