Ensiklopedia Santri
Indeks

Allahumma Inni As Aluka Hubbaka, Doa Mohon Cinta pada Allah

Ada sebuah hadits yang di dalamnya berisi doa memohon cinta kepada Allah. Yakni memohon cintanya Allah, cinta orang yang mencitai Allah, dan cinta perbuatan yang dapat mendekatkan terhadap cintanya Allah.

Berikut doanya sebagaimana diriwayatkan hadits riwayat Tirmidzi,

اَللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ حُبَّكَ، وَحُبَّ مَنْ يُحِبُّكَ، وَحُبَّ عَمَلٍ يُقَرِّبُنِي إِلَى حُبِّكَ

Allaahumma innii as-aluka hubbaka, wa hubba man yuhibbuka, wa hubba ‘amalin yuqorribu ilaa hubbika.

Artinya, “Ya Allah, aku memohon agar dapat mencintai-Mu, mencintai orang-orang yang mencintai-Mu, dan mencintai amal yang dapat mendekatkan diriku kepada cinta-Mu.” (HR. Tirmidzi)

Doa di atas bisa kita bacakan dalam doa harian kita agar kita senantiasa dicintai Allah, dicintai orang yang mencintai Allah, dan lebih dekat dengan segala sesuatu yang dapat mendekatkan kita terhadap cinta dari Allah.

_____

Makna Memohon Cinta Allah

Ketika kita memohon cinta kepada Allah agar Allah mencintai kita, sudah epantasnya kita memaknai cinta yang kita harapkan tersebut.

Kita berharap Allah mencintai kita itu artinya kita berharap Allah meridhoi dan merahmati kita. Sehingga kita menjadi orang-orang yang disayangi dan dikasihi oleh Allah SWT.

Namun demikian, mengharapkan cinta dar Allah SWT tidak hanya diminta dalam doa dan ucapan. Tetapi juga harus diperlihatkan dalam perilaku dan perbuatan sehari-hari.

Diantaranya dengan berusaha menjalankan segala perintah Allah dan menjauhi segala larangannya. Atau dalam istilah agama dinamakan dengan takwa.

Kita berupaya agar setiap perilaku dan perbuatan kita berujung pada cinta dari Allah SWT. Sehingga apa yang kita harapkan tersebut akan mudah kita capai.

Bagaimana mungkin kita bisa mendapatkan cinta Allah apabila tidak dibarengi dengan ketaatan dan kepatuhan terhadap perintah Allah. Terlebih bila melanggar dan mengidahkan apa yang Allah perintahkan, maka bukan cinta yang didapat melainkan kebencian dan kemarahan.

Semoga kita semua dijadikan golongan orang -orang yang mendapat cinta dari Allah SWT.

(Ang Rifkiyal)