Tulisan Allahu Akbar Bahasa Arab yang Benar dan Artinya

Ang Rifkiyal

Gambar tulisan arab allahu akbar

Salah satu kalimat yang banyak diucapkan umat islam adalah kalimat allahu akbar. Selain banyak diucapkan, kalimat ini juga banyak ditulis dalam berbagai bentuk tulisan, baik dalam tulisan arab maupun dalam tulisan latin.

Bagi kamu yang sedang mencari referensi tulisan allahu akbar yang benar dalam bahasa arab, di dalam postingan ini kami akan mencoba membantu menyajikan berbagai informasi lengkap seputar kalimat allahu akbar.

Tulisan Allahu Akbar yang Benar dalam Bahasa Arab

Adapun tulisan Allahu Akbar yang benar sesuai dengan kaidah penulisan bahasa arab pada umumnya adalah berikut:

اللهُ أَكْبَرُ

Tulisan latinnya, “Allaahu akbaru“.
Artinya, “Allah Maha Besar.”

Yang perlu diperhatikan dalam penulisan Allahu Akbar adalah harakat pada lam lafadz Allah (اللهُ). Karena umumnya kesalahan yang banyak ditemukan di beberapa media online adalah penulisan lam () lafadz Allah dengan merebahkan harakatnya contohnya: (اَللَّهُ), pedahal yang benar seharusnya dengan harakat berdiri seperti berikut: (اللهُ). Dengan merebahkan harakat itu seolah memendekkan bacaan lam () lafadz Allah yang harusnya dibaca panjang. Selain itu, dengan merubah bacaan menjadi pendek berpotensi merubah maknanya.

Tulisan allahu akbar terdiri dari dua kata bahasa arab. Pertama kalimat allah (اللهُ), dan kedua kalimat akbar (أَكْبَرُ). Lafadz Allah harus berada di awal, dan lafadz akbar berada di posisi setelahnya.

Dalam ilmu nahwu, lafadz Allah (اللهُ) pada ucapan allahu akbar berkedudukan sebagai mubtada sedangkan kalimat akbar (أَكْبَرُ) berkedudukan sebagai khobarnya, sehingga keduanya harus dibaca rofa’ dengan bunyi allaahu akbaru. Namun karena akbaru berada di akhir kalimat maka cara membacanya boleh disukunkan sehingga bunyinya menjadi akbar.

Allahu Akbar Apa Artinya?

Allahu akbar (اللهُ أَكْبَرُ) secara bahasa artinya Allah Maha Besar. Maksudnya bahwa Allah maha besar dari segala sesuatu yang ada dalam kebaikan, kekuatan, dan kekuasaan. Ia Maha Agung, Maha Mulia, Maha Tinggi dari apa yang bisa terpikirkan atau tergambarkan dalam pikiran.

Oleh karena itu, kalimat allahu akbar juga dinamakan kalimat takbir (تَكْبِيْر‍‌‍‌) yang artinya membesarkan atau mengagungkan. Karena Allah adalah maha dari segala kebesaran dan keagungan.

Oleh karena itu pula, seorang hamba yang sedang beribadah dan bermunajat kepada Allah, atau saat mengucapkan kalimat takbir harus menghadirkan makna ini. Sehingga akan hilang rasa sombong dalam hati, menjadikan diri kita sebagai sosok yang tunduk dihadapan Allah yang Maha Besar.

Allahu Akbar Disebut Kalimat Apa?

Sebagaimana disinggung sebelumnya bahwa kalimat allahu akbar disebut juga dengan kalimat takbir (تَكْبِيْر‍‌‍‌). Kalimat ini termasuk dalam kalimat-kalimat dzikir yang biasa digunakan oleh umat islam untuk mengingat Allah SWT.

Kalimat allahu akbar banyak digunakan dalam bacaan praktek ibadah seperti dalam adzan, sholat, menyembelih hewan kurban, hari raya, dan lain sebagainya.

Dalam penggunaannya, kalimat allahu akbar terkadang ditambahi atau disertai dengan kalimat dzikir lainnya. Contoh misalnya dalam doa iftitah:

اللهُ اَكْبَرُ كَبِيْرًا وَالْحَمْدُ لِلّهِ كَثِيْرًا وَسُبْحَانَ اللّهِ بُكْرَةً وَاَصِيْلًا

Artinya, “Allah Maha Besar dengan sebesar-besarnya, segala puji bagi Allah dengan pujian yang banyak. Maha Suci Allah pada waktu pagi dan petang.”

Kaligrafi Allahu Akbar Gambar PNG

Bagi kamu yang sedang mencari gambar allahu akbar bahasa arab berupa gambar PNG, berikut ini kami sajikan untuk kamu (Untuk menyimpannya tinggal klik kanan, lalu save image as..).

Gambar Allahu Akbar PNG (1)

Gambar Allahu Akbar PNG (2)

Gambar Allahu Akbar PNG (3)

Gambar Allahu Akbar PNG (4)

Gambar Allahu Akbar PNG (5)

Alhamdulillah, untuk sementara itu yang bisa kami tulis tentang tulisan arab allahu akbar yang benar beserta artinya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi yang menulis, membaca, serta menyebar luaskannya. Amiin.

Bagikan ke: