Allahumma Sholli Wasallim Wabarik ‘Alaih – Arab dan Artinya

Ang Rifkiyal

Sholli Wasallim Wabarik Alaih

Allahumma Sholli Wasallim Wabarik ‘Alaih merupakan salah satu redaksi sholawat dalam bahasa arab yang banyak diucapkan oleh umat islam.

Ucapan Allahumma Sholli Wasallim Wabarik ‘Alaih digunakan untuk menunjukkan rasa hormat dan kekaguman kepada Nabi Muhammad. Ungkapan tersebut jika diterjemahkan artinya, “Ya Allah, tambahkanlah rahmat, kesejahteraan, dan keberkahan kepadanya (Nabi Muhamad).”

Tulisan Arab Allahumma Sholli Wasallim Wabarik ‘Alaih

Tulisan arab Allahumma Sholli Wasallim Wabarik ‘Alaih adalah sebagai berikut:

اللّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَيْهِ

Artinya, “Ya Allah, tambahkanlah rahmat, kesejahteraan, dan keberkahan kepadanya (Nabi Muhamad).”

Arti Allahumma Sholli Wasallim Wabarik ‘Alaih

Allahumma (اللّٰهُمَّ) artinya “Ya Allah”.

Sholli (صَلِّ) artinya, “berikanlah rahmat”.

Wa sallim (وَسَلِّمْ) artinya, “dan berikanlah kesejahteraan”.

Wa baarik (وَبَارِكْ) artinya, “dan berikanlah keberkahan”.

‘Alaiyhi (عَلَيْه) artinya, “kepadanya (Nabi Muhammad)”.

Makna Allahumma Sholli Wasallim Wabarik ‘Alaih

Allahumma Sholli Wasallim Wabarik ‘Alaih” adalah ucapan yang digunakan untuk menunjukkan rasa cinta dan kekaguman kepada baginda Nabi Muhammad.

Dari segi bahasa, Allahumma Sholli Wasallim Wabarik ‘Alaih merupakan kalimat berbentuk doa yang diminta kepada Allah untuk baginda Nabi, agar Allah menambah rahmat, kesejahteraan dan keberkahan kepada Nabi. Namun hakikatnya, ucapan ini sebenarnya adalah bentuk kecintaan umat islam kepada Nabi Muhammad yang pahala dan isi doanya akan kembali kepada umat islam yang mengucapkan.

Karena Nabi Muhammad adalah sosok yang sudah pasti mendapat jaminan rahmat, kesejahteaan, dan keberkahan dari Allah SWT. Tanpa diminta dan didoakan oleh umat islam, jaminan-jaminan kasih sayang Allah tersebut sudah pasti mengalir kepada Nabi Muhammad.

Justru umat Nabi Muhammad lah yang senantiasa butuh terhadap rahmat, kesejahteraan, dan keberkahan. Melalui jalan cinta dan penghormatan kepada Nabi dengan membaca sholawat, besar harapan kelak di hari akhir akan mendapat syafaat dari baginda Nabi Muhammad SAW.

Keutamaan Allahumma Sholli Wasallim Wabarik ‘Alaih

Sebagai sebuah ucapan sholawat, Allahumma Sholli Wasallim Wabarik ‘Alaih memiliki keutamaan-keutamaan bacaan sholawat pada umumnya.

Allah SWT memerintahkan hamba-hamba-Nya untuk bersholawat kepada baginda Nabi Muhammad SAW, sebagaimana dalam al-Qur’an:

إِنَّ اللَّهَ وَمَلائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا [الأحزاب:56]

Artinya, “Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bersalawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman! Bersalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam dengan penuh penghormatan kepadanya.” QS. Al-Ahzab: 56.

Secara umum, membaca sholawat memiliki banyak manfaat dan keutamaan antara lain:

  1. Menunjukkan rasa cinta dan kasih sayang kepada Nabi Muhammad SAW.
  2. Mengharapkan rahmat, maghfirah (pengampunan dosa), dan syafa’at (pertolongan) dari Allah SWT.
  3. Memberikan kebahagiaan dan ketenangan hati.
  4. Merupakan ibadah yang sangat dianjurkan.
  5. Menambah pahala dan meningkatkan derajat di akhirat.
  6. Memperkuat keimanan dan taqwa kepada Allah SWT.
  7. Menghilangkan kegelisahan dan kesedihan.
  8. Menghilangkan rasa takut dan meningkatkan keberanian.
  9. Menyucikan hati dari segala macam keburukan dan kejahatan.
  10. Menjadi amalan yang dapat menjadi syiar Islam.

Kaligrafi Allahumma Sholli Wasallim Wabarik ‘Alaih

Selain digunakan sebagai doa, Allahumma Sholli Wasallim Wabarik ‘Alaih juga umum digunakan dalam sastra dan puisi Islam. Allahumma Sholli Wasallim Wabarik ‘Alaih sering dimasukkan dalam kaligrafi Islam dan merupakan ungkapan populer untuk dibaca selama pertemuan dan acara Islam.

Fonts: Noto Nastaliq Urdu
Fonts: Lalezar
Fonts: KFGQPC Uthmanic Script HAFS

Kesimpulan dan Penutup

Allahumma Sholli Wasallim Wabarik ‘Alaih merupakan redaksi sholawat yang bila membacanya in syaallah akan mendapat pahala.

Demikian postingan tentang Allahumma Sholli Wasallim Wabarik ‘Alaih – Arab dan Artinya, semoga dapat bermanfaat bagi banyak orang. Amiin.

Bagikan ke: