Doa Allahumma Ajirna Minannar, Tulisan Arab dan Artinya

Ang Rifkiyal

allahumma ajirna minnar

Sahabat santripedia fillah, pada artikel kali ini kita akan membahas tentang salah satu doa yang sangat penting bagi kita sebagai umat Islam, yaitu doa allahumma ajirna minannar. Bagaimana tulisan arab dan artinya? Apa keutamaan doa ini? Bagaimana cara mengucapkannya? Kapan waktu yang paling baik untuk membacanya? Mari kita simak penjelasannya berikut ini.

Tulisan Arab Allahumma Ajirna Minannar dan Artinya

اَللَّهُمَّ أَجِرْنَا مِنَ النَّارِ

Artinya, “Ya Allah, lindungilah kami dari api neraka”.

Allahumma ajirna minannar adalah doa dalam bahasa Arab yang artinya “Ya Allah, lindungilah kami dari api neraka”. Doa ini adalah doa yang sering diucapkan oleh umat Islam untuk memohon perlindungan Allah dari siksa neraka.

Sebagai umat Islam, kita meyakini bahwa neraka adalah tempat yang sangat mengerikan, dan kita harus berusaha untuk terhindar dari siksaan neraka dengan melakukan kebaikan dan menjauhi segala bentuk dosa.

Doa ini mengandung makna yang sangat dalam dan penting bagi kehidupan kita. Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering menghadapi berbagai ujian dan cobaan yang sulit. Oleh karena itu, kita perlu selalu memohon perlindungan Allah agar kita terhindar dari segala bentuk bencana dan kesulitan. Dalam doa ini, kita juga memohon perlindungan dari siksaan neraka sebagai akibat dari perbuatan buruk yang kita lakukan.

Dalam Al-Quran, Allah SWT berfirman, “Sesungguhnya, orang-orang yang menghindari perbuatan besar dosa dan keji, kecuali dosa kecil, sesungguhnya Tuhanmu Maha Luas ampunan-Nya. Dia lebih mengetahui tentangmu ketika Dia menciptakan kamu dari tanah dan ketika kamu masih janin dalam perut ibumu. Sebab itu, janganlah kamu memuji dirimu sendiri. Dia lebih mengetahui tentang orang yang bertaqwa.” (QS. An-Najm: 32)

Dalam ayat ini, Allah SWT mengajarkan kepada kita untuk menghindari perbuatan besar dosa dan keji, serta memohon ampunan-Nya. Doa “Allahumma ajirna minannar” adalah salah satu bentuk doa yang dapat kita lakukan untuk memohon perlindungan Allah dari api neraka sebagai akibat dari perbuatan buruk yang kita lakukan.

Ini menunjukkan betapa besarnya rahmat dan kasih sayang Allah SWT kepada hamba-Nya yang berdoa dengan ikhlas dan tawakkal kepada-Nya. Doa ini juga merupakan salah satu cara untuk meningkatkan ketaqwaan dan ketakwaan kita kepada Allah SWT, serta untuk mengingatkan kita tentang akhirat yang abadi.

Apa Keutamaan Doa Allahumma Ajirna Minannar?

Doa allahumma ajirna minannar memiliki keutamaan yang sangat besar. Rasulullah SAW bersabda bahwa barangsiapa yang mengucapkan doa ini sebanyak tujuh kali setelah shalat subuh atau shalat maghrib sebelum berbicara dengan siapa pun, maka Allah SWT akan menuliskan ketetapan untuk melindunginya dari neraka jika ia meninggal pada hari atau malam itu .

إِذَا انْصَرَفْتَ مِنْ صَلَاةِ الْمَغْرِبِ فَقُلْ اللَّهُمَّ أَجِرْنِي مِنْ النَّارِ سَبْعَ مَرَّاتٍ فَإِنَّكَ إِذَا قُلْتَ ذَلِكَ ثُمَّ مِتَّ فِي لَيْلَتِكَ كُتِبَ لَكَ جِوَارٌ مِنْهَا وَإِذَا صَلَّيْتَ الصُّبْحَ فَقُلْ كَذَلِكَ فَإِنَّكَ إِنْ مِتَّ فِي يَوْمِكَ كُتِبَ لَكَ جِوَارٌ مِنْهَا

“Jika engkau selesai dari shalat Maghrib maka bacalah “allahumma ajirni minannar” sebanyak tujuh kali. Sebab jika kamu baca doa itu kemudian kamu meninggal pada malam itu juga, maka akan ditetapkan bahwa kamu terbebas dari neraka. Jika kamu selesai dari shalat subuh maka bacalah doa itu juga, sebab jika pada hari itu kamu meninggal, maka akan ditetapkan bahwa kamu terbebas dari neraka.” (HR. Abu Daud no. 5079)

Bagaimana Cara Mengucapkan Allahumma Ajirna Minannar?

Cara mengucapkan doa “Allahumma ajirna minannar” sangatlah mudah. Kita hanya dituntut untuk memfokuskan diri kita kepada Allah, dan mengucapkannya dengan penuh ikhlas dan dengan hati yang tulus.

Apabila kita membaca doa “Allahumma ajirna minannar” untuk memohon perlindungan diri sendiri atau pun banyak orang, maka lafalnya boleh seperti berikut:

اَللَّهُمَّ أَجِرْنَا مِنَ النَّارِ

“Allahumma ajirna minannar”

Artinya, “Ya Allah, lindungilah kami dari api neraka”.

Tapi selain lafal tersebut, jika memang doanya difokuskan untuk diri sendiri saja maka doanya boleh sebagaimana berikut:

اللهُمَّ أَجِرْنِي مِنَ النّار

“Allahumma ajirni minannar”

Artinya, “Ya Allah, lindungilah aku dari api neraka”.

Bedanya hanya pada kata ganti atau dlomirnya saja, sehingga bunyi bacaannya “Allahumma ajirna minannar” dan “Allahumma ajirni minannar”.

Kapan Waktu Membaca Doa Allahumma ajirna minannar?

Pada dasarnya membaca doa “Allahumma ajirna minannar” boleh dilakukan kapan saja. Sebab berdoa memohon perlindungan dari Allah merupakan hal yang bisa dilaksanakan kapan pun.

Namun sebagaimana hadits yang telah kami kutip di atas, bahwa doa “Allahumma ajirna minannar” lebih utama dibaca sebanyak 7 kali sesudah sholat, khususnya sesudah sholat magrib dan shalat subuh.

Dalam agama Islam, kita diajarkan untuk selalu berdoa dan memohon perlindungan Allah dalam segala hal. Kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di masa depan, dan kita tidak bisa mengendalikan segala sesuatu yang terjadi dalam hidup kita. Oleh karena itu, kita harus selalu mengandalkan Allah dan memohon perlindungan-Nya agar kita terhindar dari segala bentuk bahaya dan kesulitan.

Dalam kesimpulan, doa “Allahumma ajirna minannar” adalah doa yang sangat penting bagi umat Islam. Doa ini mengandung makna yang dalam dan penting sebagai bentuk perlindungan kita dari bahaya neraka. Oleh karena itu, kita harus selalu mengamalkan doa ini dan berdoa kepada Allah SWT dalam segala hal. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan perlindungan kepada kita semua dan menjauhkan kita dari segala bentuk bahaya dan kesulitan. Aamiin.

Bagikan ke: