Allahumma Thowwil Umuurona wa Shohhih Ajsaadana, Doa Panjang Umur

Ang Rifkiyal

Salah satu doa yang cukup populer dibaca dan digunakan oleh umat muslim adalah doa allahumma thowwil umuurona wa shohhih ajsaadana.

Allahumma thowwil umuurona wa shohhih ajsaadana adalah doa memohon panjang umur, badan yang sehat, hati yang tentram, iman yang kuat, amal yang bagus, rejeki yang luas, dekat dengan kebaikan, jauh dari keburukan, dipenuhi kebutuhan agama, dunia dan akhirat.

Doa Memohon Panjang Umur: Allahumma Thowwil Umuurona wa Shohhih Ajsaadana

Berikut doa allahumma thowwil umuurona wa shohhih ajsaadana lengkao tulisan arab, latin dan artinya:

اَللَّهُمَّ طَوِّلْ عُمُورَنَا وَصَحِّحْ أَجْسَادَنَا وَنَوِّرْ قُلُوْبَنَا وَثَبِّتْ إِيْمَانَنَا وَأَحْسِنْ أَعْمَالَنَا وَوَسِّعْ أَرْزَقَنَا وَإِلَى الخَيْرِ قَرِّبْنَا وَعَنِ الشَّرِّ اَبْعِدْنَا وَاقْضِ حَوَائِجَنَا فِى الدِّيْنِ وَالدُّنْيَا وَالۤاخِرَةِ، إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَىْءٍ قَدِيْرٌ

Bacaan latinnya:
Allohumma thowwil umuurona, wa shohhih ajsadana, wa nawwir quluubana, wa sabbit imanana, wa ahsin a’maalana, wa wassi’ arzaqona, wa ilal khoiri qorribna, wa ‘ani syarri ab’idna, waqdi hawa-ijana fiddini waddunya wal akhirah, innaka ‘ala kulli syai-in qodir.

Artinya:
“Ya Allah, panjangkanlah umur kami, sehatkanlah jasad kami, terangilah hati kami, tetapkanlah iman kami, baikkanlah amalan kami, luaskanlah rejeki kami, dekatkanlah kami pada kebaikan dan jauhkanlah kami dari kejahatan, kabulkanlah segala kebutuhan kami dalam agama, dunia, dan akhirat. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu.”

Makna Doa Allahumma Thowwil Umuurona wa Shohhih Ajsaadana

Doa allahumma thowwil umuurona wa shohhih ajsaadana dikenal sebagai doa memohon panjang umur. Sebab doa ini diawali dengan memohon panjang umur.

Namun sebagaimana arti lengkapnya di atas, bahwa di dalam doa ini tidak hanya memuat permohonan panjang umur, tetapi juga memuat permohonan-permohonan lainnya. Seperti memohon disehatkan jasad, diterangkan hati, ditetapkan iman, diperbaiki amal, diluaskan rejeki, didekatkan dengan kebaikan, dijauhkan dari keburukan, dipenuhi kebutuhan agama, dunia dan akhirat.

Dari sini, dapat dipahami bahwa doa allahumma thowwil umuurona wa shohhih ajsaadana merupakan doa yang cukup lengkap mewakili permohonan-permohonan yang umumnya dipanjatkan kepada Allah SWT. Sebab setiap manusia, pada dasarnya tidak lepas dari masalah-masalah yang berkaitan dengan isi doa tersebut.

Misalnya tentang umur, siapa pun tentu ingin memiliki umur panjang. Apalagi umur yang panjang tersebut diisi dengan sehatnya badan, tentramnya hati, rejeki yang banyak, iman yang kokoh, dan lain sebagainya. Tidak ada orang ingin mendapat umur panjang namun di dalamnya diisi dengan sakit-sakitan, stress, kemiskinan, dan seterusnya.

Sehingga doa ini cukup mewakili permintaan yang umumnya diinginkan oleh setiap orang.

Ang Rifkiyal, pengasuh Pondok Pesantren Darul Faroh Sindangkerta, ketua MDS Rijalul Ansor Bandung Barat 2023-2027.

Bagikan ke: