Doa Orang Meninggal Perempuan, Allahummaghfirlaha Warhamha

Ang Rifkiyal

Allahummaghfirlaha

Ketika ada orang meninggal, sebagai umat islam kita dianjurkan untuk mendoakan dan membicarakan hal-hal yang baik untuknya. Diantaranya dengan mendoakan agar Allah SWT mengampuni dosanya dan memberinya rahmat serta kasih sayang.

Salah satu doa yang masyhur di kalangan umat islam untuk mendoakan orang minggal adalah doa allahummaghfirlahu warhamhu untuk seorang laki-laki yang meninggal, dan allahummaghfirlaha warhamha untuk perempuan yang meninggal.

Doa Untuk Seorang Perempuan Meninggal

Dalam laman ini, secara khusus kami sajikan lafal doa untuk orang meninggal perempuan allahummaghfirlaha warhamha. Adapun lafal doa untuk orang meninggal perempuan allahummaghfirlaha warhamha adalah sebagai berikut:

1. Doa untuk seorang perempuan meninggal (singkat)

اَللَّهُمَّ اغْفِرْلَها وَارْحَمْهَا وَعَافِهَا وَاعْفُ عَنْهَا

Arab-latinnya: Allaahummaghfir laha warham ha wa’aafi ha wa’fu anha

Artinya: “Ya Allah, ampunilah, rahmatilah, bebaskanlah dan lepaskanlah dia”.

Bagi sebagian orang yang kesulitan menghafal doa berbahasa arab, lafal doa singkat di atas sudah dianggap cukup untuk mendoakan seorang perempuan yg meninggal.

Namun bagi orang yang terbiasa dengan hafalan doa panjang, dan ingin mendapatkan lebih banyak keutamaan, maka menggunakan doa versi panjang lebih baik.

2. Doa untuk seorang perempuan meninggal (lengkap)

اَللَّهُمَّ اغْفِرْلَها وَارْحَمْهَا وَعَافِهَا وَاعْفُ عَنْهَا، وَأَكْرِمْ نُزُلَهَا، وَوَسِّعْ مَدْخَلَهَا، وَاغْسِلْهَا بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ، وَنَقِّهَا مِنَ الْخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ اْلاَبْيَضُ مِنَ الدَّنَسِ. وَأَبْدِلْهَا دَارًا خَيِرًا مِنْ دَارِهَا، وَأَهْلًا خَيْرًا مِنْ اَهْلِهَا وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهَا، وَأَدْخِلْهَا الْجَنَّةَ، وَأَعِذْهَا مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَفِتْنَتِهِ وَمِنْ عَذَابِ النَّارِ

Arab-latinnya: Allaahummaghfir laha warham ha wa’aafi ha wa’fu anha wa akrim nuzula ha wa wassi’ madkhola ha waghsil ha bil maa-i wats-tsalji wal barodi wa naqqi ha minal khothooyaa kamaa yunaqqots tsaubul abyadlu minad danasi wa abdil ha daaron khoiron min daari ha wa ahlan khoiron min ahli ha wazaujan khoiron min zaoji ha wa adkhil hal jannata wa ‘aidz ha min ‘adzaabil qobri wafitnati hi wa min ‘adzaabin naar.

Artinya: “Ya Allah, ampunilah, rahmatilah, bebaskanlah dan lepaskanlah dia. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah jalan masuknya, cucilah dia dengan air yang jernih lagi sejuk, dan bersihkanlah dia dari segala kesalahan bagaikan baju putih yang bersih dari kotoran, dan gantilan rumahnya dengan rumah yang lebih baik daripada yang ditinggalkannya, dan keluarga yang lebih baik, dari yang ditinggalkan, serta suami yang lebih baik dari yang ditinggalkannya pula. Masukkanlah dia ke dalam surga, dan lindungilah dari siksanya kubur serta fitnah nya, dan dari siksa api neraka.”

Doa untuk Perempuan Meninggal Dua Orang atau Lebih

Doa yang kami uraikan di atas secara tata bahasa arab, sebenarnya ditujukan untuk satu orang perempuan. Dimana di dalamnya menggunakan kata ganti untuk perempuan tunggal (dhamir mufradah muannats ghaibah) yaitu Ha (هَا). Sedangkan bila orang yang meninggal berjumlah dua orang perempuan (tatsniyah) atau berjumlah banyak (jama’), maka lafal dhomir atau kata gantinya harus menyesuaikan.

Jika yang meninggal dua orang perempuan, maka dlamir yang pada saat tunggal menggunakan Ha (هَا) tinggal diganti dengan Huma (هُمَا). Dan jika yang meninggal banyak perempuan (3 orang atau lebih), maka dhamir yang pada saat tunggal menggunakan Ha (هَا) tinggal diganti dengan Hunna (هُنَّ).

1. Doa untuk perempuan meninggal berjumlah 2 orang

اللَّهُمَّ اغْفِرْلَهُمَا وَارْحَمْهُمَا وَعَافِهِمَا وَاعْفُ عَنْهُمَا، وَأَكْرِمْ نُزُلَهُمَا، وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُمَا، وَاغْسِلْهُمَا بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ، وَنَقِّهِمَا مِنَ الْخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ اْلاَبْيَضُ مِنَ الدَّنَسِ وَأَبْدِلْهُمَا دَارًا خَيِرًا مِنْ دَارِهِمَا، وَأَهْلًا خَيْرًا مِنْ اَهْلِهِمَا وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِمَا، وَأَدْخِلْهُمَا الْجَنَّةَ، وَأَعِذْهُمَا مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَفِتْنَتِهِ وَمِنْ عَذَابِ النَّارِ

Arab-latinnya: Allaahummaghfir lahuma warham huma wa’aafi hima wa’fu anhuma wa akrim nuzula huma wa wassi’ madkhola huma waghsil huma bil maa-i wats-tsalji wal barodi wa naqqi hima minal khothooyaa kamaa yunaqqots tsaubul abyadlu minad danasi wa abdil huma daaron khoiron min daari hima wa ahlan khoiron min ahli hima wazaujan khoiron min zaoji hima wa adkhil hal jannata wa ‘aidz huma min ‘adzaabil qobri wafitnati hi wa min ‘adzaabin naar.

Artinya: “Ya Allah, ampunilah, rahmatilah, bebaskanlah dan lepaskanlah mereka berdua. Dan muliakanlah tempat tinggal keduanya, luaskanlah jalan masuk keduanya, cucilah keduanya dengan air yang jernih lagi sejuk, dan bersihkanlah keduanya dari segala kesalahan bagaikan baju putih yang bersih dari kotoran, dan gantilah rumah keduanya dengan rumah yang lebih baik daripada yang ditinggalkan, dan keluarga yang lebih baik dari yang ditinggalkan, serta suami yang lebih baik dari yang ditinggalkan pula. Masukkanlah keduanya ke dalam surga, dan lindungilah keduanya dari siksa kubur serta fitnahnya, dan dari siksa api neraka.”

2. Doa untuk perempuan meninggal berjumlah banyak (3 orang atau lebih)

اللَّهُمَّ اغْفِرْلَهُن وَارْحَمْهُنَّ وَعَافِهِنَّ وَاعْفُ عَنْهُنَّ، وَأَكْرِمْ نُزُلَهُنَّ، وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُنَّ، وَاغْسِلْهُنَّ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ، وَنَقِّهِنَّ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ اْلاَبْيَضُ مِنَ الدَّنَسِ وَأَبْدِلْهُنَّ دَارًا خَيِرًا مِنْ دَارِهِنَّ، وَأَهْلًا خَيْرًا مِنْ اَهْلِهِنَّ وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِنَّ، وَأَدْخِلْهُنَّ الْجَنَّةَ، وَأَعِذْهُنَّ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَفِتْنَتِهِ وَمِنْ عَذَابِ النَّارِ

Arab-latinnya: Allaahummaghfir lahunna warham hunna wa’aafi hinna wa’fu anhunna wa akrim nuzula hunna wa wassi’ madkhola hunna waghsil hunna bil maa-i wats-tsalji wal barodi wa naqqi hinna minal khothooyaa kamaa yunaqqots tsaubul abyadlu minad danasi wa abdil hunna daaron khoiron min daari hinna wa ahlan khoiron min ahli hinna wazaujan khoiron min zaoji hinna wa adkhil hunnal jannata wa ‘aidz hunna min ‘adzaabil qobri wafitnati hi wa min ‘adzaabin naar.

Artinya: “Ya Allah, ampunilah, rahmatilah, bebaskanlah dan lepaskanlah mereka semua. Dan muliakanlah tempat tinggal mereka, luaskanlah jalan masuk mereka, cucilah mereka dengan air yang jernih lagi sejuk, dan bersihkanlah mereka dari segala kesalahan bagaikan baju putih yang bersih dari kotoran, dan gantilah rumah mereka dengan rumah yang lebih baik daripada yang ditinggalkan, dan keluarga yang lebih baik dari yang ditinggalkan, serta suami yang lebih baik dari yang ditinggalkan pula. Masukkanlah mereka ke dalam surga, dan lindungilah mereka dari siksa kubur serta fitnahnya, dan dari siksa api neraka.”

Itulah doa yang biasa digunakan untuk mendoakan orang meninggal perempuan. Doa tersebut di atas seluruhnya bisa dibaca kapan saja, dengan diniatkan untuk sosok orang meninggal yang kita maksud. Doa tersebut di atas juga adalah doa yang biasa dibaca setelah takbir ke 3 dalam sholat jenazah.

(Ang Rifkiyal)

Bagikan ke: