Download Kitab Kifayatul Akhyar dan Terjemahnya PDF

Ang Rifkiyal

Kifayatul Akhyar

Kitab Kifayatul Akhyar fi Halli Ghayati al-Ikhtishar adalah salah satu kitab yang sangat penting dalam tradisi keilmuan Islam. Kitab ini ditulis oleh al-Imam Taqiyuddin Abi Bakar Muhammad al-Husainy al-Hishniy, seorang ulama besar asal Damaskus yang lahir pada tahun 752 H.

Kitab ini cukup terkenal di kalangan umat islam karena memberikan panduan dalam menjalankan ibadah dan mengatur kehidupan sehari-hari. Khususnya bagi mereka yang bermadzhab syafi’i.

Kitab Kifayatul Akhyar merupakan salah satu karya monumental dalam bidang fiqh atau hukum Islam madzhab Syafi’iy. Kitab ini merupakan kitab syarah (penjelas) dari matan kitab At-Taqrib atau Ghayatul Ikhtishar yang dikarang oleh al-Qadhi Abu Syuja.

Kitab ini terdiri dari dua juz dengan beberapa tema yang memuat sejumlah pasal. Dimana di dalamnya membahas berbagai aspek kehidupan, mulai dari ibadah ritual seperti shalat dan puasa, hingga etika sosial dan ekonomi.

Kitab Kifayah al-Akhyar terbilang cukup detail dalam menerangkan satu topik pembahasan dengan sistematika yang baik, sebagaimana kitab fikih lainnya. Kitab ini dibagi dalam dua pokok bahasan. Pada bagian pertama, Syekh Imam Taqiyuddin  memulai pembahasannya tentang Bersuci (Thaharah) sebanyak 17 pasal, lalu dilanjutkan Bab Shalat (16 pasal), Zakat (15 pasal), Puasa (7 pasal), Haji (5 pasal), dan Bab Jual Beli (23 pasal). Setiap bahasan selalu diawali dengan penjelasan makna dari masing-masing hukumnya, kemudian dilanjutkan dengan pembahasan ragamnya.

Pada bagian kedua, Syekh Imam Taqiyuddin menjelaskan tentang Masalah Luqathah, waris (faraidl) dan wasiat, bab nikah, jinayat (pidana), hudud (denda), jihad, peradilan, dan lainnya. Semuanya diterangkan secara lugas dan jelas.

Dengan merujuk pada kitab ini, umat Muslim dapat memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang ajaran Islam dan menerapkannya dalam kehidupan mereka. Kitab ini juga menjadi sumber rujukan bagi para ulama dan cendekiawan Muslim dalam memahami dan mengembangkan hukum Islam. Oleh karena itu, sangat penting bagi umat Muslim untuk mempelajari dan memahami isi dari Kitab Kifayatul Akhyar ini.

Download Kitab Kifayatul Akhyar

Adapun link download kitab Kifayatul Akhyar dapat adalah sebagai berikut:

  1. Download Kitab Kifayatul Akhyar (Arab)
  2. Download Kitab Kifayatul Akhyar (Terjemah)

Bagikan ke: