Raih Award Hari Santri 2022, Edi Rusyandi: Motivasi dan Perintah Orang Tua

Edi Rusyandi
Edi Rusyandi

Dalam rangkaian acara peringatan Hari Santri tahun 2022, PCNU dan Kemenag Kabupaten Bandung Barat memberikan award kepada sejumlah tokoh masyarakat dan lembaga yang dianggap memiliki dedikasi besar terhadap kalangan santri dan pesantren serta berperan aktif dalam pembinaan keagamaan Islam kepada Masyarakat di Kabupaten Bandung Barat.

Salah satu penerima penghargaan untuk kategori pemuda adalah Edi Rusyandi, anggota DPRD Provinsi Jawa Barat periode 2019-2024 dari Fraksi Partai Golkar.

Dalam keterangannya, Edi menyambut baik penghargaan yang ia terima. Mantan ketua PMII Jawa Barat (2012-2024) itu menyampaikan ucapan terima kasih kepada panitia Hari Santri tahun 2022 tingkat Kabupaten Bandung Barat yang telah memilihnya sebagai penerima penghargaan dalam kategori tokoh pemuda.

“(Saya) mengucapkan terima kasih kepada PCNU Kabupaten Bandung Barat dan jajaran panitia HSN atas penghargaan ini. Walaupun saya sendiri merasa belum layak untuk mendapatkan ini,” ujarnya Selasa (8/11) kepada Santripediacom.

Namun demikian, Edi berharap penghargaan yang ia terima dapat menambah motivasi bagi dirinya untuk menjadi lebih baik.

“Hanya saja ini barangkali ini jadi motivasi bagi saya untuk berbuat lebih baik lagi.”

Lebih jauh, Edi menilai penghargaan dari panitia dalam hal ini PCNU Kabupaten Bandung Barat kepada dirinya sebagai perintah orang tua kepada anak. Dimana Edi yang saat ini menjabat sebagai Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat didorong untuk bisa menggunakan jabatannya bagi kemaslahatan umat.

“Saya maknai juga (penghargaan yang diterima) sebagai titah dari para orang tua. Dimana saya yang saat ini diberikan amanah di lembaga pemerintahan agar kedudukan ini bisa lebih bermanfaat dan memberikan kemaslahatan bagi umat. Hatur nuhun pisan,” jelasnya.

Edi Rusyandi merupakan kader Nahdlatul Ulama yang dididik di PMII. Di organisasi mahasiswa yang identik dengan ideologi NU tersebut, Edi pernah menjabat sebagai ketua rayon, ketua komisariat UIN SGD Bandung, ketua Cabang PMII Kabupaten Bandung, ketua Korcab PMII Jawa Barat, dan Bendahara IKA-PMII Jawa Barat.

Selain di PMII, pria asal Cipongkor Bandung Barat ini juga tercatat sebagai Wakil Ketua Gerakan Pemuda Ansor Jawa Barat periode 2016 sampai sekarang.

Pada pemilu legislatif tahun 2019, Edi Rusyandi terpilih sebagai anggota DPRD Provinsi Jawa Barat dari fraksi Golkar untuk daerah pemilihan Kabupaten Bandung Barat. Sebelum menjadi politisi, Edi merupakan ASN sebagai guru dan kepala madrasah di bawah Kementrian Agama.

(Ang Rifkiyal)

Bagikan: