Lahaula Walakuata Illabillah, Tulisan Arab dan Artinya

Ang Rifkiyal

lahaula wala quwata illa billahil aliyil adzim

Lafal lahaula wala quwata illa billahil aliyil adzim merupakan salah satu dzikir yang banyak dibaca umat islam. Ucapan dzikir ini sering disebut juga dengan kalimat hauqalah (حوقلة).

Tulisan Arab Lahaula Wala Quwata illa Billahil Aliyil Adzim dan Artinya

Adapun lafal tulisan arab lahaula wala quwata illa billahil aliyil adzim dan artinya adalah sebagai berikut:

لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ العَلِيِّ العَظِيْمِ

Lā haula wa lā quwwata illā billāhil ‘aliyyil azhīmi

Artinya, “Tiada daya dan upaya kecuali dengan kekuatan Allah yang maha tinggi lagi maha agung.”

Makna Lahaula Wala Quwwata illa Billahil Aliyil Adzim

Lahaula wala quwwata illa billahil ‘aliyyil adziimi atau kalimat hauqolah merupakan kalimat yang sering kali diucapkan oleh umat muslim ketika menghadapi masalah atau kesulitan dalam hidup. Kalimat ini berasal dari bahasa Arab dan memiliki arti “tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah”.

Kalimat ini memiliki makna yang sangat dalam bagi umat muslim. Dengan mengucapkan kalimat ini, seseorang mengakui bahwa kekuatan dan daya manusia sangat terbatas dan hanya Allah yang memiliki kekuatan yang tidak terbatas. Dalam kehidupan sehari-hari, ketika seseorang mengalami kesulitan atau masalah yang sulit diatasi, ucapan “Lahaula wala quwwata” dapat memberikan ketenangan dan kepercayaan bahwa Allah akan memberikan solusi terbaik.

Namun, tidak hanya dalam situasi sulit saja kalimat ini diucapkan. Umat muslim juga sering mengucapkannya ketika mereka berhasil mencapai sesuatu yang diinginkan atau ketika merasa bersyukur atas nikmat yang diberikan Allah. Dalam hal ini, “Lahaula wala quwwata” diucapkan sebagai ungkapan syukur dan pengakuan bahwa semua yang dicapai tidak lepas dari kehendak Allah.

Selain itu, kalimat ini juga mengandung pesan bahwa manusia harus selalu berserah diri dan mengandalkan Allah dalam segala hal. Tidak ada yang bisa diatasi tanpa pertolongan dan kehendak Allah. Oleh karena itu, sebagai umat muslim, kita harus selalu berusaha untuk meningkatkan iman dan ketaqwaan kepada Allah agar selalu merasa tenang dan percaya bahwa Allah akan selalu memberikan yang terbaik bagi kita.

Keutamaan Ucapan Lahaula Wala Quwwata illa Billahil Aliyil Adzim

Sebagaimana dzikir pada umumnya, kalimat hauqalah memiliki keutamaan sebagai ucapan yang bernilai pahala bagi orang-orang yang membacakannya. Selain itu, keutamaan lain dari dzikir lahaula wala quwata illa billahil aliyil adzim ini adalah sebagai simpanan/tabungan surga dan pengampun dosa. Berikut hadits Nabi Muhammad SAW tentang hal tersebut:

  • Ucapan Hauqalah sebagai Tabungan Surga

يا عَبْدَ اللَّهِ بْنَ قَيْسٍ أَلَا أُعَلِّمُكَ كَلِمَةً هِيَ مِنْ كُنُوزِ الْجَنَّةِ لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللَّهِ

“Wahai Abdullah bin Qais, maukah engkau kuberitahu sebuah kalimat yang merupakan salah satu tabungan/simpanan surgawi? Yaitu ‘laa haula wa laa quwwata illa billah’”. (HR. Bukhari)

  • Ucapan Hauqalah sebagai Pengampun Dosa

عن عبد الله بن عمرو قال: قال رسول الله ﷺ: ما على الأرض أحد يقول لا إله إلا الله والله أكبر ولا حول ولا قوة إلا بالله إلا كفرت عنه خطاياه ولو كانت مثل زبد البحر

“Dari Abdullah bin Umar berkata, “Rasululah SAW bersabda, ‘Tiadalah di seseorang pun di bumi yang mengucapkan laa ilaaha illallah wallahu akbar wa lahaula wala quwata illa billah kecuali kesalahannya diampuni meskipun semisal buih lautan'”. (HR. At-Tirmidzi)

Kesimpulan dan Penutup

Dalam kesimpulannya, “Lahaula wala quwwata” adalah kalimat yang sangat penting bagi umat muslim. Kalimat ini mengandung makna yang dalam dan dapat memberikan ketenangan dan kepercayaan pada saat menghadapi masalah atau kesulitan dalam hidup. Selain itu, kalimat ini juga mengajarkan kita untuk selalu berserah diri dan mengandalkan Allah dalam segala hal. Oleh karena itu, sebagai umat muslim, kita harus selalu mengingat dan mengucapkan kalimat ini dalam setiap kesempatan.

Bagikan ke: